Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Kampar Diminta Waspada, PLN Buka Pintu Air Waduk PLTA Koto Panjang

Masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran Sungai Kampar, Provinsi Riau, diminta untuk mewaspadai kenaikan tinggi air sungai. Hal itu disebabkan pengelola Waduk Koto Panjang yaitu PLN, membuka pintu air di waduk tersebut.
/Ilustrasi
/Ilustrasi
Bisnis.com, PEKANBARU -- Masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran Sungai Kampar, Provinsi Riau, diminta untuk mewaspadai kenaikan tinggi air sungai. Hal itu disebabkan pengelola Waduk Koto Panjang yaitu PLN, membuka pintu air di waduk tersebut.
 
Humas PLN Riau Kepri Fendy Nusantoro menjelaskan pembukaan pintu air atau spill way waduk, dilakukan pukul 15.00 WIB.
 
"Mengingat kenaikan elevasi [air waduk] yang cukup tinggi dalam waktu dekat ini, dan kondisi ketinggian elevasi di beberapa sungai di sisi hulu, untuk antisipasi awal, akan dibuka pintu air di level minimum 3x30 cm, yaitu outflow sekitar 150 m3/s," ujarnya Senin (9/12/2019).
 
Dengan dibukanya pintu air waduk tersebut, PLN memerkirakan akan terjadi kenaikan tinggi air atau elevasi Sungai Kampar mencapai 30-60 cm.
 
Sebelumnya pemprov Riau telah meminta kepada pemda kabupaten dan kota yang ada di daerah itu, untuk mewaspadai banjir akibat musim penghujan.
 
Langkah antisipasi diminta agar dilakukan pemda kabupaten kota, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di sepanjang empat aliran sungai besar di Riau, yaitu Sungai Siak, Kampar, Indragiri, dan Rokan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper