Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Sumut Dorong Kepatuhan Wajib Pajak

Pemerintah Provinsi Sumatra Utara mendorong kepatuhan masyarakat melaksanakan kewajiban pajak, sebagai upaya untuk mendukung agenda pembangunan.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 25 November 2019  |  17:35 WIB
Pelayanan pajak - ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Pelayanan pajak - ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, MEDAN— Pemerintah Provinsi Sumatra Utara mendorong kepatuhan masyarakat melaksanakan kewajiban pajak, sebagai upaya untuk mendukung agenda pembangunan.

Wakil Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengatakan membayar pajak menjadi salah satu pondasi utama untuk keberhasilan pembangunan negara, termasuk daerah Sumatra Utara.

Melalui pajak yang diterima, katanya, Sumut mampu meningkatkan pembangunan dan berkembang menjadi provinsi yang sejaktera. Pasalnya, pajak yang dibayarkan para wajib pajak akan kembali ke daerah dalam bentuk Dana Bagi Hasil, DAU, DAK, Dana desa, dan lainnya.

“Saya mengajak kita semua untuk menjadi duta-duta pajak di lingkungan masing-masing yang mampu memberikan teladan dan mengajak keluarga dan masyarakat luas lainnya untuk sadar dan membayar pajak,” kata Musa yang akrab disapa Ijeck dikutip Senin (25/11/2019).

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo menyebut bahwa Kanwil Sumut I dan Kanwil Sumut II merupakan wilayah dengan penerimaan pajak yang memberikan kontribusi pada penerimaan nasional, yakni sebesar 2,5 % – 3 %.

“Hingga saat ini, kontribusi pembayaran pajak tahun 2019 dihitung sebesar Rp26,84 triliun atau 1,7 % berkontribusi bagi penerimaan nasional,” jelasnya.

Kanwil Sumut I meliputi Medan, Deliserdang, Binjai, dan Langkat. Sedangkan Kanwil Sumut II meliputi Serdang Bedagai, Tebingtinggi, Asahan, Batubara, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Simalungun, Siantar,.

Selanjutnya Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padanglawas, Padanglawas Utara, Padangsidimpuan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat, Gunungsitoli, Humbang Hasundutan, Samosir, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Dairi, Pakpak Barat, Tanah Karo.

“Bagi para wajib pajak lainnya yang belum, agar segera memenuhi kewajiban pajak mengingat tahun pajak 2019 yang akan segera berakhir dalam satu bulan ke depan,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut wajib pajak
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top