Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transportasi Capsule Bus, Pemkot Jambi dan MDT Tanda Tangani MoU

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat Kota Jambi dalam waktu dekat akan menikmati fasilitas transportasi Capsule Bus yang dinamai Koja Trans. Angkutan umum berbasis aplikasi online Capsule Bus ini merupakan yang pertama di Indonesia.
Chairman MIS Group Tedy Agustiansjah, Walikota Jambi Syarif Fasha dan Direktur MDT Subhan Novianda disela-sela acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Tentang Transportasi Capsule Bus di Kota Jambi,  di Ruang Pola, Kantor Walikota Jambi, Senin (21/10)./Istimewa
Chairman MIS Group Tedy Agustiansjah, Walikota Jambi Syarif Fasha dan Direktur MDT Subhan Novianda disela-sela acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Tentang Transportasi Capsule Bus di Kota Jambi, di Ruang Pola, Kantor Walikota Jambi, Senin (21/10)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat Kota Jambi dalam waktu dekat akan menikmati fasilitas transportasi Capsule Bus yang dinamai Koja Trans. Angkutan umum berbasis aplikasi online Capsule Bus ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Kehadiran Capsule Bus diinisiasi PT Multi Inti Digital Bisnis (MDB) melalui anak perusahaannya, Multi Inti Digital Transportasi (MDT), yang bernaung di bawah Multi Inti Sarana Group (MIS Group). Sebagai langkah awal untuk merealisasikan beroperasinya Capsule Bus Koja Trans di Jambi, Pemerintah Kota Jambi bersama MDT melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Tentang Transportasi Capsule Bus di Kota Jambi, Senin (21/10).

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan Direktur MDT Subhan Novianda, disaksikan Chairman MIS Group Tedy Agustiansjah di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jambi.

Dipilihnya Kota Jambi, menurut Subhan Novianda, seiring dengan rencana Pemerintah Kota Jambi untuk membangun transportasi modern sejalan dengan konsep smart city. Hal ini sesuai pemikiran Walikota Jambi Syarif Fasha yang memimpin Kota Jambi dengan visi teknologi ke depan yang sangat baik, dan didukung animo masyarakat Jambi yang menyambut baik implementasi teknologi pada fasilitas transportasi publik, mengingat infrastruktur jalan yang sudah baik.

Menanggapi kehadiran Capsule Bus Koja Trans, Wali Kota Jambi Syarif Fasha berpendapat kehadiran Koja Trans diharapkan mampu mengubah kebiasaan masyarakat Jambi dalam hal memanfaatkan angkutan umum sekaligus menjadi solusi cermat mengatasi kemacetan lalu lintas. “Karena Jambi yang pertama kali di Indonesia untuk pengoperasian transportasi modern ini, kehadiran Capsule Bus diharapkan menjadi kebanggaan dan ikon baru masyarakat Jambi,” kata Syarif Fasha.

Bus Rapid Transit (BRT) berkapasitas 14 kursi ini merupakan angkutan umum yang dilengkapi beragam fasilitas antara lain AC, CCTV, free WiFi, USB charger, bangku prioritas untuk penumpang dengan kondisi khusus, dan multimedia. 

Selain itu, Capsule Bus juga dilengkapi peta yang disesuaikan dengan koridor bus yang tersedia. Saat ini Pemkot Jambi menyiapkan beberapa koridor untuk Capsule Bus. “Kami berupaya semaksimal mungkin menyiapkan layanan transportasi terbaik bagi keamanan dan kenyamanan masyarakat Kota Jambi. Apalagi untuk anak-anak kita sehari-hari ke sekolah,” kata Walikota Syarif Fasha. 

Selain itu, lanjut Syarif Fasha, kehadiran Capsule Bus Koja Trans juga diharapkan mampu memudahkan masyarakat melakukan berbagai aktivitas sekaligus memperlancar kegiatan ekonomi. Chairman MIS Group Tedy Agustiansjah pada kesempatan yang sama menyatakan bahwa kehadiran Capsule Bus Koja Trans di Jambi merupakan wujud komitmen MIS Group dalam membangun usaha dengan karakter Purpose Driven Innovation.

“Setiap inisiatif dan inovasi yang kami kembangkan selalu memperhatikan keseimbangan antara bisnis dengan nilai-nilai manfaat yang harus diterima para pemangku kepentingan. Kami berharap Capsule Bus Koja Trans tidak hanya akan menciptakan keteraturan dan meningkatkan disiplin waktu di masyarakat Kota Jambi, namun lebih dari itu akan terwujud mobilitas masyarakat yang didukung fasilitas transportasi modern yang murah, aman, dan nyaman,” tutur Tedy.

Seusai acara Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Transportasi Capsule Bus di Kota Jambi, Subhan menjelaskan kepada awak media bahwa kehadiran Capsule Bus Koja Trans akan memberi masyarakat Jambi pengalaman baru yang menyenangkan dalam menggunakan angkutan umum. Hanya dengan mengunduh aplikasi Capsule Bus, calon pengguna jasa ini bisa mengetahui posisi dan jam keberangkatan. Cukup menyiapkan uang elektronik, penumpang tinggal melakukan tap cash di pintu masuk bus.

Selama di perjalanan, penumpang dapat menikmati free WiFi, USB Charger, dan sajian multimedia. Tombol berhenti dapat dengan mudah ditekan jika sudah tiba di lokasi tujuan. “Ketersediaan CCTV, bangku prioritas untuk penumpang dengan kondisi khusus, dan pintu darurat merupakan kepedulian kami terhadap faktor keamanan bagi penumpang Capsule Bus,” kata Subhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper