Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Industri Kecil Menengah asal Kampar Riau Terima Sertifikat SNI

Industri kecil dan menengah air minum dalam kemasan atau IKM AMDK merek Air Sikumbang asal Kabupaten Kampar, menerima sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 15 Oktober 2019  |  16:28 WIB

Bisnis.com, PEKANBARU – Industri kecil dan menengah air minum dalam kemasan atau IKM AMDK merek Air Sikumbang asal Kabupaten Kampar, menerima sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Riau Asrizal mengatakan penyerahan sertifikat itu dilakukan bersamaan dengan 20 IKM lainnya di Indonesia.

“Alhamdulillah IKM AMDK Sikumbang Kampar sudah mendapatkan sertifikat SNI dari BSN dalam kegiatan Bulan Mutu Nasional di Semarang. Ini keberkahan bagi IKM Riau,” ujarnya Selasa (15/10/2019).

Menurut dia, pihaknya sudah melakukan pemetaan potensi IKM Riau yang bisa mengajukan proses sertifikasi SNI tahun ini, dan salah satunya memang Air Sikumbang Kampar.

Asrizal menyebut pemda juga telah menjalin kerjasama dengan Kantor Layanan Teknis BSN untuk melakukan proses pemetaan tersebut, sehingga terjaring IKM yang memiliki produk berkualitas dan layak mendapatkan sertifikat SNI.

Dari hasil pemetaan yang dilakukan, secara total ada lima IKM di Riau yang layak mendapatkan sertifikat SNI, termasuk Air Sikumbang. Empat lainnya yaitu IKM Rumbio Jaya Steel berupa produk alat pertanian untuk dodos sawit dan egrek. Lalu CV Satu Wahana Jaya Sentosa dengan produk Bakso Ikan Sanaya. Kemudian IKM Usaha Bakat dengan produk salai ikan Patin. Terakhir yakni UD Puti Buana dengan produk rendang daging sapi.

“Setelah pendampingan selama enam bulan dan pembinaan secara berkelanjutan, Air Sikumbang produk PT Kampar Sejahtera Abadi sudah mendapatkan sertifikat SNI dari BSN, untuk empat lainnya masih dalam proses untuk mendapatkan SNI,” ujarnya.

Adapun Air Sikumbang yang meraih SNI dari BSN saat ini memiliki empat jenis kemasan yang dijual di pasaran yaitu ukuran cup 220 ml, botol 330 ml, botol 600 ml, dan botol 1.500 ml.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri riau sni
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top