Program Internet Masuk Desa Sasar 34 Desa di Sumsel

Pemprov Sumatra Selatan memastikan program Internet masuk desa bakal terealisasi dalam waktu dekat.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 26 September 2019  |  17:06 WIB
Program Internet Masuk Desa Sasar 34 Desa di Sumsel
Ilustrasi pengguna Internet - Reuters/Faisal Mahmood

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan memastikan program Internet masuk desa bakal terealisasi dalam waktu dekat seiring kesiapan infrastruktur untuk layanan telekomunikasi tersebut.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan dalam tahap awal, Internet akan dipasang di 34 desa di provinsi itu.

“Launching-nya nanti berbarengan dengan peresmian Jalan Tol Lampung—Palembang pada 10 Oktober 2019 oleh Presiden Joko Widodo,” ungkapnya seusai menerima kunjungan PT Icon+, perusahaan penyedia jasa Internet, di Palembang, Sumsel, pada Kamis (26/9/2019).

Dia mengutarakan program Internet masuk desa merupakan salah satu prioritas yang diusung pihaknya dalam menghadapi era industri 4.0.

“Untuk tahap awal, Internet desa akan dilaksanakan di 34 desa tersebar di Sumsel. Pada tahun-tahun berikutnya akan ditambah oleh Icon+ selaku perusahaan konektivitas Internet,” tutur Herman.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumsel Achmad Rizwan mengatakan program Internet gratis bagi masyarakat Sumsel ini akan dapat membuka akses luas bagi warga perdesaan.

“Nantinya masyarakat dapat lebih giat dalam mempromosikan potensi desanya melalui layanan Internet, baik dalam hal pariwisata, UMKM, dan segala macam kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya,” ucapnya.

Dia menjelaskan Icon+ memiliki program pengembangan internet desa yang merupakan layanan konektivitas yang disediakan bekerja sama dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) se- Indonesia.

“Saat ini lebih dari 3.000 titik dari total 10.000 yang ditargetkan pemerintah pusat telah direalisasikan Icon +. Tersebar hingga ke pelosok-pelosok desa,” kata Rizwan.

PT Indonesia Comnet Plus (Icon+) merupakan anak perusahaan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) yang bergerak di bidang penyedia jasa Internet.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
internet, icon+

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top