Jokowi Naik Heli Superpuma Tinjau Lokasi Karhutla di Riau

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan rombongan pagi ini, Selasa (17/9/2019), bertolak menuju Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau untuk meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan di lokasi tersebut.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 17 September 2019  |  11:00 WIB
Jokowi Naik Heli Superpuma Tinjau Lokasi Karhutla di Riau
Presiden Joko Widodo berkunjung ke Provinsi Riau untuk melihat lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di provinsi tersebut, Senin (16/9/2019). - Instagram @jokowi

Bisnis.com, PEKANBARU  - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan rombongan pagi ini, Selasa (17/9/2019), bertolak menuju Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau untuk meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lokasi tersebut.
 
Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Erlin Suastini menjelaskan sebelumnya, Jokowi  terlebih dahulu melaksanakan salat istiska yang digelar di Masjid Amrullah, Kompleks Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru.
 
Dari Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Presiden dan rombongan lepas landas menuju lokasi karhutla di Desa Merbau dengan menggunakan helikopter Superpuma TNI AU.
 
Selain di lokasi tersebut, hari ini, Jokowi  juga akan meninjau penanganan karhutla di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, sebelum kembali bertolak menuju Jakarta.

Presiden Joko Widodo tiba di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin di Pekanbaru, Riau, dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1./Instagram @Jokowi
 
Dalam rapat terbatas yang digelar Senin (16/9/2019) malam, Joko Widodo mengingatkan para perangkat negara baik di tingkat pusat maupun daerah untuk membangun kerja sama yang solid dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.
 
Presiden juga menegaskan bahwa upaya pencegahan dengan terus melakukan pemantauan terhadap titik api yang muncul merupakan hal yang harus dilakukan sebelum terlanjur meluas.
 
"Pencegahan di dalam penanggulangan kebakaran lahan dan hutan itu adalah mutlak harus dilakukan. Karena kalau yang terjadi sudah kejadian kebakaran apalagi di lahan gambut, pengalaman bertahun-tahun kita sudah mengalaminya, sangat sulit menyelesaikan," ujarnya dalam sesi pengantar rapat yang digelar di Hotel Novotel Pekanbaru.

Turut menyertai Presiden dalam peninjauan ini di antaranya ialah Menkopolhukam Wiranto, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menpupera Basuki Hadimuljono, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian, Gubernur Riau Syamsuar, dan Kepala BNPB Doni Monardo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, riau, Kabut Asap

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top