Peran Aktif OPD Sukseskan Perhelatan Sail Nias 2019

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) diminta berperan aktif untuk menyukseskan perhelatan Sail Nias 2019 yang digelar September mendatang. Gelaran bertaraf internasional itu diperkirakan akan dikunjungi ribuan wisatawan domestik dan mancanegara.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 09 Agustus 2019  |  04:37 WIB
Peran Aktif OPD Sukseskan Perhelatan Sail Nias 2019
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com,MEDAN – Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) diminta berperan aktif untuk menyukseskan perhelatan Sail Nias 2019 yang digelar September mendatang. Gelaran bertaraf internasional itu diperkirakan akan dikunjungi ribuan wisatawan domestik dan mancanegara.

"Kita ini bukan sebagai panitia. Tapi saya minta seluruh OPD untuk mengambil peran dari Pemprov itu. Peran apa yang telah kita siapkan untuk kemeriahaan Sail Nias itu. Sekecil apa pun harus tertulis dan dilaksanakan dan direkam kegiatan. Masing-masing mengambil peran," ucap Sabrina, Kamis (8/8/2019).

Sabrina juga menekankan pentingnya kesiapan sarana dan prasarana. Terutama kesiapan menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo dan tamu undangan lainnya, serta pengunjung yang hadir pada kegiatan Sail Nias tersebut.

"Dinas Perhubungan harus segera melaporkan pada saya, pada rapat selanjutnya, bagaimana kesiapan seperti bus dan MCK (mandi, cuci, kakus) untuk pengunjung. Untuk MCK ini, Dinas Tarukim yang ambil peranan. Selain itu untuk Dinas Bina Marga saya mengharapkan kesiapan dalam memperbaiki jalan yang ada 4 kabupaten di Nias," ucap Sabrina.

Selain itu, menurut Sabrina, Dinas Bina Marga juga perlu mempersiapkan prasarana di Desa Bawomataluo, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan. Karena di tempat ini rencananya Presiden Joko Widodo akan mendapat penabalan salah satu marga di Nias Selatan.

"Mengenai kunjungan Presiden, harus dipersiapkan siapa saja OPD yang terlibat. Selain itu seluruh OPD menyampaikan semua kegiatan sebagai peran dan dukungan. Persiapan rundown acara untuk segera menyingkronkan dengan protokol di pusat, agar tertib acara berjalan semua," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Wan Hidayati, untuk menyukseskan Sail Nias 2019, sudah menggelar 7 kali rapat persiapan. Dalam event ini pihaknya mengambil peran dalam berbagai kegiatan. Antaranya lain ada 1000 tenda yang dilakukan oleh komunitas pecinta alam. "Jadi nanti di sana akan dijadwalkan ada 1000 tenda camping dari berbagai komunitas yang ikut memeriahkan kegiatan," katanya.

Hidayati juga berharap pihak swasta ikut berperan untuk menyukseskan Sail Nias 2019. Termasuk menyiapkan goodyback dan souvenir. "Kalau untuk swasta nanti minta peranan mereka juga, yakni bisa mempersiapkan souvenir dalam kegiatan Sail Nias itu," ucapnya.

Diketahui acara Sail Nias 2019 dengan tema "Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia" ini menghadirkan 18 rangkaian kegiatan dan diselenggarakan di Kepulauan Nias. Puncak acara akan dilaksanakan pada 14 September 2019 di Teluk Dalam Nias Selatan, dengan beberapa rangkaian kegiatan yaitu Wonderful Nias Expo 2019, Kejuaraan Surfing International WS: QS 1500, Pagelaran Budaya dan Kesenian Kolosal dan Bakti Sosial Surya Baskara Jaya TNI AL.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sumatera

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top