Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

OJK Riau: Transisi BPD ke Syariah Butuh Waktu 2 Tahun

Otoritas Jasa Keuangan menyoroti rencana bank pembangunan daerah dua provinsi yaitu Bank Riau Kepri yang bakal melakukan konversi sistem dari konvensional ke sistem syariah.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 17 Juli 2019  |  17:42 WIB
Bisnis.com, PEKANBARU - Otoritas Jasa Keuangan menyoroti rencana bank pembangunan daerah di dua provinsi yaitu Bank Riau Kepri yang akan melakukan konversi sistem dari konvensional ke sistem syariah.
 
Kepala OJK Riau Yusri mengatakan perubahan sistem itu pada prinsipnya adalah perubahan manajemen, dan ada banyak hal yang diubah.
 
"Prinsip dasarnya adalah manajemen, ada banyak hal karena mengubah sistem dari konvensional ke syariah itu harus dilakukan dimulai dari pembenahan secara internal, berbenah lebih dahulu," katanya Rabu (17/7/2019).
 
Pembenahan yang dimaksud yaitu kesiapan infrastruktur pendukung operasional syariah mulai dari sumber daya manusia, lalu jaringan informasi teknologi.
 
Selain itu BRK juga harus menyiapkan kajian dan survei yang komprehensif dan benar-benar menggambarkan dukungan dari stakeholder, dukungan masyarakat dan nasabah atas rencana konversi tersebut.
 
Karena itu prosesnya diyakini bakal memakan waktu, bila dilihat dari bank lain yang sudah menjalani proses tersebut, diperkirakan bakal membutuhkan dua sampai tiga tahun.
 
"Proses konversi Bank Riau Kepri ini mungkin sekitar itu juga lah ya, atau bisa berbeda karena masih harus dilihat hasil survei dari dukungan nasabah dan masyarakat," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan riau ojk
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top