Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riau Segera Gelar Razia Pajak Motor Sampai Akhir Desember

Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau sedang menyiapkan program razia atau pemeriksaan kepatuhan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor bagi masyarakat setempat.
Ilustrasi.
Ilustrasi.
Bisnis.com, PEKANBARU — Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau sedang menyiapkan program razia atau pemeriksaan kepatuhan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor bagi masyarakat setempat.
 
Kepala Bapenda Riau Indra Putrayana mengatakan kebijakan razia dengan waktu cukup panjang ini berdasarkan data pihaknya soal besarnya jumlah penunggak pajak kendaraan bermotor atau PKB di daerah tersebut.
 
Data Bapenda menunjukkan jumlah penunggak PKB mencapai 70 persen dari total kendaraan yang ada.
 
"Pekan depan kami akan kerjasama dengan Dirlantas Polda, serta Jasa Raharja akan melakukan razia penertiban PKB," katanya Selasa (16/7/2019).
 
Dia menjelaskan razia kendaraan bermotor akan dilakukan mulai bulan ini sampai akhir Desember di seluruh wilayah kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Riau.
 
Selain untuk meningkatkan pendapatan daerah dari PKB, pihaknya juga sekaligus melakukan sosialisasi aturan pemerintah, tentang penerapan perpanjangan STNK, yang dalam dua tahun tidak diperpanjang dan disahkan, data kendaraannya bakal dihapus.
 
Dia menjelaskan yaitu perpanjangan STNK dilakukan sekali dalam lima tahun, bila setelah dua tahun atau tujuh tahun umur kendaraan tidak diperpanjang, datanya akan dihapus.
 
"Karena itu saat razia kami akan mengingatkan masyarakat agar segera perpanjang STNK, kalau tidak kendaraan akan jadi bodong karena datanya dihapus setelah dua tahun, ini sosialisasi sebelum aturan diterapkan kepolisian," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper