Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Riau Terapkan Sistem Swakelola untuk Perawatan Jalan

Mulai tahun ini pemprov Riau akan menerapkan sistem swakelola untuk melakukan perawatan infrastruktur jalan yang ada di wilayah tersebut.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 12 Juni 2019  |  16:04 WIB
Pengendara melintas di area proyek pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai, di kawasan Muara Fajar, Pekanbaru, Riau, Senin (25/9). - ANTARA/Rony Muharrman
Pengendara melintas di area proyek pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai, di kawasan Muara Fajar, Pekanbaru, Riau, Senin (25/9). - ANTARA/Rony Muharrman
Bisnis.com, PEKANBARU - Mulai tahun ini pemprov Riau akan menerapkan sistem swakelola untuk melakukan perawatan infrastruktur jalan yang ada di wilayah tersebut.
 
Gubernur Riau Syamsuar mengatakan sebelumnya untuk perawatan jalan dilakukan dengan sistem tender lokasi jalan yang rusak.
 
"Sistem ini tidak efektif, karena saya lihat banyak kondisi jalan yang rusak, kedepan polanya tidak bisa seperti ini lagi," katanya Rabu (12/6/2019).
 
Pola saat ini yang berjalan yaitu satuan kerja terkait jalan, harus menunggu tender perawatan ruas jalan tertentu digelar, kemudian proses perawatan dilaksanakan. Kondisi ini menyebabkan jalan sudah rusak tapi harus menunggu tender sebelum dilakukan perbaikan.
 
Dengan sistem swakelola, tender akan dilakukan bukan pada ruas jalan tertentu yang akan diperbaiki, tetapi tender untuk bahan dan material pekerjaan jalan tersebut.
 
Langkah ini dinilai akan memberikan efisiensi anggaran, serta memudahkan pekerjaan pemeliharaan jalan karena waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat dibandingkan harus menunggu proses tender seperti sistem sebelumnya.
 
"Kalau model swakelola, bahan material sudah ada, nanti misal ada lubang sudah bisa langsung dikerjakan perbaikannya, saya sudah perintahkan kepala dinas untuk menerapkan sistem ini," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan riau proyek infrastruktur
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top