BPJS Kesehatan Pekanbaru Buka 21 Puskesmas Selama Libur Lebaran

BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru menyatakan selama momen mudik yaitu H-7 sampai H+7 libur Lebaran tahun ini, masyarakat tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan, termasuk di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau 21 Puskesmas yang ada di Pekanbaru.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 27 Mei 2019  |  14:39 WIB
BPJS Kesehatan Pekanbaru Buka 21 Puskesmas Selama Libur Lebaran
Pelayanan puskesmas di daerah. - Ilustrasi

Bisnis.com, PEKANBARU – BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru akan tetap memmberikan layanan kepada msyarakat selama momen mudik yaitu H-7 sampai H+7 libur Lebaran tahun ini.Layanan itu termasuk di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau Puskesmas.

Kepala Cabang BPJS Pekanbaru Rahmad Asri Ritonga mengatakan layanan ini diberikan tidak hanya bagi peserta warga setempat, tetapi juga anggota BPJS Kesehatan yang mudik ke kota lain.

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik lalu membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, maka dapat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut. Layanan kesehatan tersebut bisa diperoleh peserta di FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” katanya dalam konferensi pers di Pekanbaru, Senin (27/5/2019).

Asri menerangkan, apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar. 

Menurut dia, pada kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS. 

Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, peserta akan dijamin dan dilayani. Fasilitas kesehatan juga tidak diperkenankan menarik biaya dari peserta.

Asri juga mengingatkan, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepesertaannya aktif. Oleh karenanya, para peserta JKN-KIS diharapkan disiplin membayar iuran khususnya peserta yang sedang mudik dan selalu membawa kartu JKN-KIS.

“Untuk mengecek status kepesertaan dan melihat riwayat tagihan atau pembayaran iuran JKN-KIS, dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN. Selain itu, kami juga mengembangkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat di-download secara gratis di Playstore dan Appstore,” katanya.

Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldi mengatakan pihaknya sudah mengeluarkan surat kepada seluruh puskesmas setempat, untuk beroperasi selama momen mudik Lebaran.

“Di Pekanbaru ada sekitar 21 puskesmas, 16 puskesmas rawat jalan dan 5 puskesmas rawat inap, semua diminta beroperasi selama libur Lebaran, untuk puskesmas rawat inap itu beroperasi 24 jam,” katanya.

Selain puskesmas, Diskes Pekanbaru juga ikut dalam posko mudik bersama dinas terkait yaitu kepolisian, dinas perhubungan, Jasa Raharja, dan Satpol PP. Ada empat tim kesehatan yang bersiaga di empat pos mudik di Kota Pekanbaru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bpjs kesehatan, Liburan, Mudik Lebaran

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top