Pemudik di Pelabuhan Boom Baru Palembang Diprediksi Melonjak

Pengelola Pelabuhan Boom Baru Palembang yakni PT Pelabuhan Indonesia (Persero) II Cabang Palembang menyatakan siap mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik Lebaran 2019 yang diperkirakan lebih tinggi dibanding tahun lalu.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 19 Mei 2019  |  13:17 WIB
Pemudik di Pelabuhan Boom Baru Palembang Diprediksi Melonjak
General Manager PT Pelindo II atau Indonesia Port Corporation (IPC) Cabang Palembang, Agus Edi Santoso, memberikan pemaparan terkait kesiapan mudik Lebaran - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Pengelola Pelabuhan Boom Baru Palembang yakni PT Pelabuhan Indonesia (Persero) II Cabang Palembang menyatakan siap mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik Lebaran 2019 yang diperkirakan lebih tinggi dibanding tahun lalu.

General Manager PT Pelindo II atau Indonesia Port Corporation (IPC) Cabang Palembang, Agus Edi Santoso, mengatakan peningkatan penumpang rute Palembang – Muntok, Bangka, tersebut diperkirakan sebagai imbas mahalnya tiket pesawat sehingga masyarakat beralih ke moda transportasi lain, termasuk kapal laut.

“Peningkatan jumlah mudik Lebaran tahun ini bakal lebih tinggi karena dipicu [tingginya] harga tiket pesawat sehingga masyarakat memilih transportasi lain,” kataya  usai Safari Ramadhan Bersama BUMN Penuh Cinta dan Kebahagiaan di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Jumat (17/5/2019) malam.

Menurut Agus, kepadatan arus penumpang menjelang lebaran diprediksi pihaknya akan terjadi H-7 Lebaran.

Dia mengatakan, berdasarkan catatan jumlah penumpang di Pelabuhan Boom Baru sebanyak 62.000 orang sepanjang tahun lalu. Namun diprediksi tahun ini akan terjadi lonjakan.

Oleh karena itu, kata dia, perseroan telah menyiapkan berbagai pelayanan dan fasilitas untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut.

IPC Palembang telah menyiapkan dermaga sepanjang 300 meter dengan didukung gedung terminal penumpang seluas 366 meter persegi dengan kapasitas hingga 400 orang.

Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru melayani kapal penyebrangan Express Bahari dengan rute Palembang ke Muntok, Pulau Bangka, dan sebaliknya.

“Untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang kapal, manajemen IPC Palembang telah menyiapkan fasilitas serta sarana pendukung seperti penyediaan ruang tunggu yang nyaman, ruang laktasi, ruang VIP, smoking room, musholla, dan ruang perawatan,” jelanya.

Agus menambahkan pihaknya juga menerapkan auto gate system dengan memanfaatkan teknologi tinggi.

"Dengan demikian para pengantar penumpang tidak bisa masuk hingga ke ruang tunggu, melainkan hanya sampai batas pintu depan. Karena hanya penumpang yang memiliki tiket yang bisa masuk. Ini juga demi kenyamanan dan keamanan bagi penumpang itu sendiri,” paparnya.

Dia melanjutkan perusahaan juga membuka posko arus mudik dan arus balik di halaman Pelabuhan Boom Baru tersebut. Posko tersebut merupakan posko pelayanan pemudik, baik informasi ataupun kesehatan dan sebagainya.

“Kita bekerjasama dengan kepolisian, TNI, dinas kesehatan, dan lainnya untuk bersinergis memberikan pelayanan bagi masyarakat yang hendak mudik,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
palembang, pelindo ii

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top