Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasokan Bawang Putih Mulai Masuk Sumut, Harga Belum Turun

Harga bawang putih di Sumatra Utara masih berkisar Rp50.000-Rp60.000 per kilogram meski bawang putih impor sudah masuk ke provinsi itu.
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 14 Mei 2019  |  10:50 WIB
Pedagang membersihkan bawang putih di salah satu pasar tradisional di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (2/5/2019). - ANTARA/Arnas Padda
Pedagang membersihkan bawang putih di salah satu pasar tradisional di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (2/5/2019). - ANTARA/Arnas Padda

Bisnis.com, MEDAN -- Meski pasokan bawang putih impor disebut sudah mulai masuk ke Sumatra Utara, tapi harga komoditas pangan itu masih tinggi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatra Utara (Sumut) Wiwiek Sisto Widayat mengatakan pasokan bawang putih sudah mulai masuk sejak Jumat (10/5/2019). Kendati demikian, pasokan tersebut belum berdampak langsung terhadap harga di sejumlah pasar di Medan.

"Belum ada perubahan harga bawang putih, di beberapa pasar di masih di kisaran Rp50.000-Rp60.000 per kilogram (kg)," ujarnya, Senin (13/5).

Sayangnya, tidak disebutkan lebih lanjut tentang volume dan asal pasokan bawang putih impor itu.

Menurut Wiwiek, harga jual tertinggi pasokan yang masuk pun telah ditetapkan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Dia menerangkan mengacu pada surat dari Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Harga Eceran Tertinggi (HET) bawang putih adalah Rp40.000 per kg.

Bawang putih merupakan salah satu komoditas yang mengalami kenaikan harga sejak April 2019. Harga yang tinggi turut mengerek inflasi bulanan Medan dan Sumut ke titik tertinggi, masing-masing 1,3 persen dan 1,23 persen.

Kenaikan harga disebut dipicu keterlambatan impor karena rekomendasi impor di Kemendag harus menanti data dari Kementerian Pertanian (Kementan).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bawang Putih
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top