Chevron Utamakan Keselamatan Pengelolaan Aset, Pemberdayaan Masyarakat, serta Pelestarian Lingkungan

Chevron berada di bawah pengendalian dan pengawasan SKK Migas, serta senantiasa berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait lainnya.

Duri, 30 April 2019 – Manajemen PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) bersilaturahmi dan berdiskusi dengan para wartawan di Duri dalam acara media briefing pada hari Selasa (30/4).

Kegiatan yang berlangsung di Kompleks PT CPI Duri tersebut membahas berbagai topik hubungan kemasyarakatan PT CPI yang terkait operasional perusahaan sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia.

Penyampai materi dari PT CPI adalah Rudi Arief selaku Manager Corporate Affairs Asset North; Suparni selaku Manager CPM Support; dan Priawansyah selaku Social Performance Specialist. Tidak hanya berupa pemaparan, para wartawan juga berkunjung ke fasilitas pengolahan air PT CPI yang telah membantu pasokan air baku ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Duri selama 24 tahun terakhir.

“Insan pers menjalankan peran strategis dalam memberikan edukasi kepada masyarakat secara luas, termasuk pentingnya kegiatan hulu migas dan posisi perusahaan seperti PT CPI sebagai KKKS yang mengoperasikan aset-aset negara,” jelas Rudi Arief.

Dalam menjalankan operasinya, lanjut Rudi, PT CPI berada di bawah pengendalian dan pengawasan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) serta senantiasa berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait lainnya.

Pemahaman yang tepat dari masyarakat diharapkan dapat mendukung kelancaran kegiatan hulu migas sehingga berdampak positif terhadap pendapatan negara maupun daerah. “Mari kita sama-sama menjaga keamanan aset dan mendukung kelancaran operasi hulu migas demi ketahanan energi nasional maupun kemaslahatan masyarakat secara luas,” papar Rudi.

Sementara itu, Suparni memaparkan tentang program normalisasi zona aman di sekitar jaringan pipa migas. Sesuai peraturan pemerintah, jarak minimal sembilan meter dari titik terluar pipa migas harus bersih dari bangunan, tanaman, maupun kegiatan lainnya yang tidak terkait operasi migas.

PT CPI saat ini tengah melaksanakan sosialisasi ke masyarakat yang bermukim di sekitar jaringan pipa migas. “Langkah proaktif ini terutama ditujukan untuk meminimalisasi risiko terhadap keselamatan masyarakat dan perlindungan lingkungan sekitar,” ujar Suparni.

Kepedulian PT CPI terhadap masyarakat sekitar juga diwujudkan melalui berbagai kegiatan investasi sosial. Priawansyah menjelaskan tentang area fokus program pemberdayaan masyakarat PT CPI, yakni Kesehatan, Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan, Pemberdayaan ekonomi, serta Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati.

PT. CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT. CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai operasi PT. CPI di Indonesia dapat diakses melalui www.indonesia.chevron.com .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper