Chevron Buka Pelatihan Kejuruan dan Wirausaha Tahap II di Riau

Lebih dari 200 warga masyarakat akan mengikuti Kelas Orientasi dan Kewirausahaan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia tempatan

Bisnis.com, PEKANBARU - Lebih dari 200 warga masyarakat akan mengikuti Kelas Orientasi dan Kewirausahaan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia tempatan. Kelas tersebut merupakan bagian dari rangkaian tahapan Program Pelatihan Kejuruan dan Wirausaha yang digulirkan PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) sejak Desember tahun lalu.

Pembukaan Kelas Orientasi dan Kewirausahaan tersebut berlangsung di Auditorium Politeknik Caltex Riau (PCR). Tampak hadir dalam acara tersebut perwakilan SKK Migas Sumbagut; Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Disnakertrans Provinsi Riau Happy Yarlis; perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Riau Dr. Hj. Nila Resmita M.Pd; Direktur Institut Kemandirian Dompet Dhuafa Agus Abdurrahman Usman, dan Direktur PCR Dadang Sihabuddin.

Sr. VP Corporate Affairs PT CPI Wahyu Budiarto dalam keterangan resminya menjelaskan Kelas Orientasi bertujuan memperkuat motivasi dan pemahaman peserta terhadap tahapan pendidikan dan latihan (diklat) yang akan mereka ikuti selanjutnya. Sementara itu, Kelas Kewirausahaan bertujuan memberikan pemahaman seputar dunia wirausaha, termasuk bagaimana cara memulai dan menjalankannya.

”Program yang kami laksanakan ini tidak hanya menyentuh masalah keterampilan teknis, tapi juga berupaya memupuk motivasi dan menyiapkan mental para peserta agar menjadi wirausahawan yang gigih,” katanya Jumat (24/4/2019).

Chevron Buka Pelatihan Kejuruan dan Wirausaha Tahap II di Riau

Bidang keterampilan yang tercakup dalam program ini adalah menjahit, pengolahan pangan, komputer, bengkel motor, dan pengelasan. Peserta program akan bertambah sesuai target yang telah ditetapkan, yakni sekitar 300 peserta.

Para peserta berasal dari berbagai kabupaten/kota di sekitar wilayah operasi PT CPI di Provinsi Riau. Melalui Program Pelatihan Kejuruan dan Wirausaha, PT CPI ingin mendorong kemandirian dan peluang kewirausahaan masyarakat.

PT. CPI menggandeng Institut Kemandirian Dompet Dhuafa sebagai mitra pelaksana program yang akan berlangsung hingga Agustus 2019 ini. Tahapan yang dijalankan program ini adalah penilaian awal; sosialisasi; rekrutmen dan seleksi; diklat kejuruan; magang; pelepasan/ wisuda; dan job training. Kelas Orientasi dan Kewirausahaan dilaksanakan bagi peserta yang hendak memasuki tahapan diklat dan magang. Program Pelatihan Kejuruan dan Wirausaha merupakan bagian dari program investasi sosial PT. CPI di bidang pemberdayaan ekonomi.

Selain pemberdayaan ekonomi, bidang-bidang lain yang menjadi fokus program investasi sosial PT. CPI adalah Kesehatan, Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan, serta Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper