Bangka Targetkan Perluasan Kebun Sawit Rakyat 500 Hektare

Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan perluasan perkebunan sawit masyarakat pada akhir 2019 mencapai lebih kurang 500 hektare.
Bangka Targetkan Perluasan Kebun Sawit Rakyat 500 Hektare Newswire | 25 April 2019 13:42 WIB
Bangka Targetkan Perluasan Kebun Sawit Rakyat 500 Hektare
Petani memindahkan kelapa sawit hasil panen ke atas truk. - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, SUNGAILIAT – Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan perluasan perkebunan sawit masyarakat pada akhir 2019 mencapai lebih kurang 500 hektare.

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Subhan, mengatakan target itu berdasarkan Program Kebun Kelapa Sawit Rakyat (KKSR) Mandiri.

"Program ini melibatkan perusahaan perkebunan kelapa sawit untuk memfasilitasi pembangunan perkebunan kelapa sawit masyarakat," ujarnya di Sungailiat pada Kamis (25/4/2019).

Dia mengemukakan meskipun harga buah kelapa sawit mengalami penurunan, sebagian masyarakat terutama yang dekat dengan pabrik kelapa sawit masih bersemangat melakukan perluasan. "Saya optimistis target perluasan perkebunan sawit masyarakat dapat terealisasi sesuai dengan harapan."

Subhan menjelaskan total luas perkebunan kelapa sawit yang tersebar di sejumlah kecamatan sampai dengan saat ini mencapai 16.800 hektare.

Menurutnya, kebijakan pemerintah yang menetapkan moratorium perluasan perkebunan sawit untuk pihak swasta hanya diberlakukan bagi di daerah kawasan gambut, rawa, atau kawasan hutan.

"Kalau di suatu daerah tidak ada kawasan tersebut, perluasan perkebunan kelapa sawit tetap masih diperbolehkan dengan ketentuan aturan yang ada," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kelapa sawit, bangka belitung

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top