Bangka Siapkan Lahan untuk Pelabuhan Penyangga Pangkal Balam

Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan lahan untuk membangun pelabuhan penyangga di Desa Tuing seluas 5 hektare.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 April 2019  |  14:46 WIB
Bangka Siapkan Lahan untuk Pelabuhan Penyangga Pangkal Balam
Pelabuhan Pangkal Balam di Pangkalpinang, Bangka Belitungf. - Bisnis.com

Bisnis.com, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan lahan untuk membangun pelabuhan penyangga di Desa Tuing seluas 5 hektare.

"Kami sudah menyiapkan lahan seluas 5 hektare untuk pembangunan pelabuhan penyangga yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat pada Jumat (12/4/2019).

Dia menjelaskan pelabuhan penyangga yang akan dibangun pemerintah provinsi di Desa Tuing, Kecamatan Riau Silip, tersebut, untuk pelabuhan umum karena pelabuhan di Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang, yang selama ini beroperasi, sudah tidak mampu menampung jumlah kapal.

Mulkan mengutarakan dipilihnya Desa Tuing sebagai pelabuhan penyangga karena dianggap kondisi air di laut itu cukup dalam sehingga mempermudah kapal yang akan melakukan bongkar muat.

"Air laut di pinggiran Desa Tuing cukup dalam yang memudahkan bagi kapal melakukan kegiatan bongkar muat," ujarnya.

Menurut dia, selain lahan seluas 5 hektare untuk membangun pelabuhan tersebut, terdapat ratusan hektare lahan lainnya yang sudah disiapkan dari pembebasan milik warga.

"Untuk legalitas kesiapan lahan tidak ada kendala, rencana induk juga sudah dibuat oleh pemerintah provinsi, sekarang tinggal menunggu pelaksanaan pembangunannya," ujarnya.

Guna mendukung kelancaran akses ke pelabuhan maupun sebaliknya, kata Mulkan, segera dilakukan perluasan jalan menuju pelabuhan itu sepanjang kurang lebih tujuh kilometer.

"Dengan dibangunnya pelabuhan penyangga Desa Tuing, diharapkan mampu membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan penyerapan tenaga kerja," lanjutnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelabuhan, bangka belitung

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top