Warga Kualu Nenas Kampar Panen Raya Semangka 30 Ton

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I dan Forum Layanan Iptek Bagi Masyarakat (FlipMas) Batobo menginisiasi program pemanfaatan lahan tidur bertajuk Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM) di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.
Arif Gunawan | 11 April 2019 16:34 WIB
Petani menata buah semangka hasil panen di kebun miliknya. - Antara/Syifa Yulinnas
Bisnis.com, PEKANBARU  - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I dan Forum Layanan Iptek Bagi Masyarakat (FlipMas) Batobo menginisiasi program pemanfaatan lahan tidur bertajuk Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM) di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.
 
Roby Hervindo, Unit Manager Communication & CSR MOR I, mengatakan masyarakat setempat menjalankan program ini di atas lahan marginal seluas 3,5 hektare.
 
Uniknya, meski kelapa sawit menjadi primadona di Riau, warga Desa Kualu Nenas malah memanfaatkan lahan menjadi kebun semangka, karena cepat berproduksi.
 
Lahan di Desa Kualu Nenas pun dinilai cocok untuk menanam semangka. Alhasil, warga memetik hasil dengan panen raya semangka sebesar total 30 ton.
 
Tujuan dibentuk program ini adalah untuk meningkatkan taraf hidup warga dengan memanfaatkan lahan marginal.
 
"Melalui KEM, warga Desa Kualu Nenas juga mendapat bimbingan dan motivasi dari tim FlipMas. Bimbingan cara bercocok tanam, mengatasi hama, memilih jenis tanaman yang cocok dengan lahan, serta menyesuaikan waktu tanam dengan panen terhadap kebutuhan pasar," ujar Roby.
 
Bupati Kampar, Catur Sugeng, mengungkapkan apresiasinya terhadap program KEM di Desa Kualu Nenas. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Pertamina dan FlipMas karena warga diberikan bimbingan dan pelatihan-pelatihan dalam memanfaatkan lahan marginal. Sehingga meningkatkan pendapatan warga,” tutur Catur.
 
Pada program KEM Kualu Nenas, Pertamina memberikan total bantuan sebesar Rp 295 juta. Pesertanya terdiri dari 27 kepala keluarga Desa Kualu Nenas. Program dimulai sejak Desember 2018 dan dalam hitungan bulan sudah menghasilkan. Hal ini ditandai dengan panen semangka di bulan ke empat.
 
Roby menambahkan melalui sinergi bersama FlipMas, Pemda dan masyarakat, program KEM diharapkan dapat mewujudkan peran Pertamina dalam membangun negeri. Sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang mandiri.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pertamina, pertanian, kampar

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup