Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nelayan di Bangka Barat Diminta Memulai Budi Daya Perikanan

Nelayan di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diminta memulai usaha budi daya perikanan laut karena cukup prospektif untuk meningkatkan kesejahteraan.
Ilustrasi nelayan membawa ikan tuna/Reuters-Tarmizy Harva
Ilustrasi nelayan membawa ikan tuna/Reuters-Tarmizy Harva

Bisnis.com, MUNTOK – Nelayan di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diminta memulai usaha budi daya perikanan laut karena cukup prospektif untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Potensi sumber daya alam laut di daerah ini cukup besar, bahkan lebih dari 50 persen desa memiliki wilayah pesisir yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai usaha budi daya perikanan laut," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat Sukraedi di Muntok, Kepulauan Babel, Selasa (26/3/2019).

Menurut dia, usaha budi daya perikanan laut, seperti pembesaran ikan kerapu, kakap, bawal, bandeng, udang, kepiting, dan lainnya memiliki peluang pasar cukup terbuka, baik untuk memenuhi pasar nasional maupun ekspor.

Selama ini, nelayan tradisional masih mengandalkan usaha penangkapan ikan secara konvensional dan hasilnya kurang mampu memenuhi perekonomian keluarga.

"Kami akan terus mendorong nelayan untuk berubah, ke depan, nelayan tidak hanya mengambil hasil dari laut, namun mereka juga harus membudidayakan," ujarnya.

Menurut dia, upaya serius pemerintah tersebut sudah dimulai beberapa tahun terakhir dengan menyelenggarakan berbagai pelatihan usaha budi daya perikanan.

"Kami sudah mencoba menerapkan di beberapa kecamatan, misalnya di Kecamatan Tempilang sudah mulai tumbuh usaha budi daya bandeng, udang galah, dan budi daya ikan air tawar," katanya.

Selain di kecamatan tersebut, budi daya juga sudah dimulai kelompok nelayan di Teluk Kelabat dengan melakukan pembesaran ikan kerapu pola keramba jaring apung.

"Di sekitar lokasi itu juga sudah ada budi daya kepiting soka yang baru dimulai tahun lalu, kami harapkan ke depan usaha tersebut terus berkembang dan mandiri," ucapnya.

Beberapa hari lalu Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat juga menggelar pelatihan budi daya perikanan laut kepada sejumlah warga pesisir Teluk Kelabat dengan mendatangkan narasumber dari Balai Budi Daya Perikanan Laut Lampung.

Pola pelatihan dan pendampingan akan terus dilakukan agar para anggota kelompok nelayan semakin erampil dan termotivasi mengembangkan usaha budi daya perikanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper