Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HIPMI Sumbar Gandeng BUMNag Lahirkan Pengusaha di Daerah

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatra Barat bakal menggandeng Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) atau BUMDes guna melahirkan pengusaha – pengusaha baru di daerah.
/hipmi
/hipmi

Bisnis.com, PADANG—Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatra Barat bakal menggandeng Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) atau BUMDes guna melahirkan pengusaha – pengusaha baru di daerah.

Ketua Umum BPD HIPMI Sumbar Iqra Chissa mengatakan lembaganya akan memfokuskan penciptaan pengusaha – pengusaha baru di daerah agar mempercepat kontribusi sektor usaha mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Kami akan lakukan pendampingan bagi pengusaha muda yang sering terkendala saat mereka memulai usahanya,” kata Iqra, Senin (24/12/2018).

Dia mengatakan HIPMI akan menggandeng BUMNag yang ada di tiap nagari atau desa untuk membuat program kewirausahaan, sehingga diharapkan melahirkan pengusaha – pengusaha baru di daerah.

Menurutnya, potensi pertumbuhan sektor usaha di Sumbar sangat besar, karena potensi daerah yang dimiliki sangat kaya dan beragam. Tinggal bagaimana memanfaatkan potensi tersebut dengan membangun jiwa kewirausahaan anak muda.

“Nanti HIPMI akan menjadi mentor bagi adik – adik kita di daerah [nagari] untuk memunculkan ide bisnis, dan mengeksekusi ide tersebut menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan,” katanya.

Iqra mengungkapkan bagi pengusaha pemula, pendampingan mutlak dilakukan agar motivasi dalam berwirausaha tetap tumbuh dan terjaga semangatnya.

Apalagi, imbuhnya, pengusaha muda seringkali terkendala saat pertama memulai usaha. Dalam perjalannya, tentu juga akan mengalami sejumlah kegagalan.

“Nah, bagaimana ketika gagal itu, mereka [pengusaha muda] tidak langsung berhenti. Tentu perlu pendampingan dan motivasi terus menerus,” ujarnya.

Adapun, saat ini hampir setiap nagari di Sumbar telah memiliki BUMNag yang menjalankan usahanya di berbagai bidang, sesuai potensi yang dimiliki daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper