Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasilkan Rp307 Triliun, Kementan Ingin Replanting Sawit Sukses

Kementerian Pertanian meminta semua pihak membantu pelaksanaan program replanting atau peremajaan sawit rakyat (PSR), agar sukses dan bisa menghadapi semua kendala yang ada di lapangan.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis
Bisnis.com, PEKANBARU -- Kementerian Pertanian meminta semua pihak membantu pelaksanaan program replanting atau peremajaan sawit rakyat (PSR), agar sukses dan bisa menghadapi semua kendala yang ada di lapangan.
 
Direktur Tanaman Tahunan Penyegar Ditjenbun Kementan Irmiyati Rahmi Nurbahar mengatakan saat ini nilai devisa yang dihasilkan dari komoditas sawit sudah menjadi yang terbesar bagi Indonesia.
Karena itu perlu upaya menjaga produksi sawit, supaya pendapatan negara dapat meningkat di masa mendatang.
 
Devisa dari sawit per tahun sekitar Rp307 triliun dan ini terbesar, sekitar 43% nya berasal dari Riau disusul 23% dari Sumatra Utara.
"Karena itu kami minta tolong ke semua pihak agar membantu petani sawit supaya menjaga produksi dan kontribusinya untuk negara tetap signifikan," katanya Kamis (11/10/2018).
 
Dia mengakui salah satu kendala yang harus dihadapi petani untuk menjalankan program PSR ini adalah soal kejelasan status dan legalitas lahan kebun sawit.
 
Masalah ini akan menjadi perhatian pemerintah pusat, sehingga kedepan akan disiapkan beberapa peraturan serta regulasi yang dapat mendorong upaya legalitas kebun sawit milik masyarakat tersebut.
 
Adapun untuk Provinsi Riau pada tahun ini mendapatkan target replanting program PSR dari pemerintah pusat sebesar 22.000 hektare dari total target nasional sebesar 185.000 hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper