Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kenaikan Pertalite Diperkirakan Dongkrak Inflasi April

Kenaikan harga jual bahan bakar minyak jenis Pertalite diperkirakan akan mendongkrak angka inflasi sepanjang April.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 02 April 2018  |  14:55 WIB
Pekerja menempel gambar informasi tentang BBM jenis Pertalite - ANTARA
Pekerja menempel gambar informasi tentang BBM jenis Pertalite - ANTARA

Bisnis.com, PEKANBARU -- Kenaikan harga jual bahan bakar minyak jenis Pertalite diperkirakan akan mendongkrak angka inflasi sepanjang April.

Kepala BPS Riau Aden Gultom mengatakan memang Pertamina telah menaikkan harga jual Pertalite di akhir Maret, tetapi dampaknya belum terasa di angka inflasi bulan tersebut.

"Sebenarnya Pertalite ini belum masuj 10 besar komoditas penyumbang inflasi, karena tertutup kenaikan harga cabai merah, bawang merah, bawang putih, ikan serai, dan lainnya, Pertalite masih di bawah itu," katanya kepada Bisnis Senin (2/4/2018).

Menurut dia, kontribusi Pertalite pada angka inflasi diperkirakan akan terlihat cukup besar di April ini, kecuali bila Pertamina menurunkan harga jual kembali.

Sampai saat ini dari pengamatan pihaknya memang kenaikan Pertalite belum langsung mendorong kenaikan harga bahan kebutuhan pokok.

Hal itu disebabkan sebagian besar kendaraan angkutan masih menghitung biaya transportasi dengan mengacu pada harga premium dan solar.

"Tapi kelihatannya nanti masyarakat akan dipaksa pakai Pertalite, karena memang premium semakin sulit dijumpai setelah pemerintah menetapkan kuota distribusinya," katanya.

Adapun andil kenaikan harga bahan bakar bagi inflasi Riau selama Maret lalu hanya sebesar 0,06% dari inflasi sebesar 0,55%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi Pertalite
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top