Calon Walikota Petahana Palembang Fokus Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi Warga

Calon walikota petahana Palembang Harnojoyo bakal meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan hingga perekonomian masyarakat jika terpilih kembali menjadi kepala daerah kota itu.
Dinda Wulandari | 20 Februari 2018 15:00 WIB
Wali Kota Palembang Harnojoyo (kanan) berjabat tangan dengan Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda (kiri) seusai pelantikan Wakil Wali Kota Palembang di Graha Bina Praja, Palembang, Sumatra Selatan, Rabu 31 Agustus 2016. - Antara Foto / Nova Wahyudi

Bisnis.com, PALEMBANG – Calon walikota petahana Palembang Harnojoyo bakal meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan hingga perekonomian masyarakat jika terpilih kembali menjadi kepala daerah kota itu.

Harnojoyo mengatakan pihaknya telah meningkatkan alokasi anggaran pendidikan menjadi 26,9% pada tahun 2018 dan peningkatan alokasi kesehatan sebesar 14,5% atau di atas saran pusat yang sebesar 10%.

“Pada 2009 lalu alokasi anggaran pendidikan kita hanya 11% dari APBD, sekarang 26,9% jauh di atas saran pusat sebesar 20%. Karena kami menargetkan, tahun 2019 tidak ada lagi sekolah yang jelek di Palembang,” jelasnya, Selasa (20/2/20180.

Dia mengatakan dirinya bersama pasangan calon wakil walikota Palembang, Fitriandi Agustinda, bakal meneruskan program kerja yang sudah berjalan hingga tahun 2023 mendatang.

Seperti program peningkatan perekonomian masyarakat, melalui pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), pengembangan lapangan kerja dan peningkatan daya beli masyarakat.

“Dengan meningkatnya perekonomian masyarakat, maka akan menjadi dasar pemerintah untuk mengukur kesejahteraan masyarakat dan apa yang menjadi kekurangan dalam menyelesaikan apa yang dibutuhkan masyarakat,” jelasnya.

Ketiga program dasar tersebut, kata Harno, merupakan variabel yang berkaitan untuk menentukan dan mengukur hasil Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Harno memaparkan pertumbuhan ekonomi Kota Palembang saat ini yang tercermirn dari produk domestik regional bruto (PDRB) Kota Palembang menunjukkan tren positif.

“PDRB Kota Palembang tahun 2013 sebesar Rp74 triliun dan pada tahun 2016 meningkat memjadi Rp87 triliun atau naik 17,3%. Artinya, setiap tahun pertumbuhan ekonomi Palembang terus mengalami peningkatan secara keseluruhan,” katanya.

Tag : Sky House BSD
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top