Kementerian Desa PDTT Kembangkan Desa Wisata di Sumsel

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atau PDTT terus mengembangkan desa wisata di sejumlah daerah untuk menyokong pertumbuhan ekonomi di desa setempat.
Dinda Wulandari | 20 Februari 2018 14:11 WIB
Menteri Desa dan PDTT Eko Putro Sandjojo melakukan peletakan batu pertama desa wisata di Desa Marga Baru, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas, Sumsel - Istimewa

Bisnis.com, MUSI RAWAS – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atau PDTT terus mengembangkan desa wisata di sejumlah daerah untuk menyokong pertumbuhan ekonomi di desa setempat.

Salah satu desa wisata yang dikembangkan kementerian adalah Desa Marga Baru, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan.

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo mengatakan pihaknya telah mengalokasikan anggaran APBN dari Kemendes PDTT untuk pembangunan sarana dan prasarana wisata.

“Dalam pengelolaan tempat wisatanya nanti akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dalam keuntungan usahanya akan menjadi milik desa,” katanya dalam siaran pers yang diterima bisnis.com saat peletakan batu pertama desa wisata di Musi Rawas, Selasa (20/2/2018).

Adapun pembangunan sarana dan prasarana wisata yang telah dialokasikan pihaknya, meliputi jalan lingkungan menuju tempat wisata, penerangan lokasi wisata, homestay dan MCK. Selain itu juga dialokasikan anggatan untuk revitalisasi pasar desa sebanyak dua unit.

Dalam kesempatan itu, Mendes PDTT juga memberikan bantuan sebanyak 15 BUMDes Dari 186 BUMDes yang ada di Sumatra Selatan masing-masing sebesar Rp15 juta dan bantuan ekonomi rakyat pada 15 kelompok masyarakat sebesar Rp30 juta perkelompok.

Sementara itu inisiator gerakan desa membangun Indonesia, Abdul Muhaimin Iskandar, memberikan apresiasi yang tinggi pada masyarakat desa yang telah membangun desanya hingga maju.

"Tentunya kita berharap agar pemerintah terus memfasilitasi lebih lanjut menyangkut infrastruktur terutama infrastruktur jalan," katanya.

Tag : Sky House BSD
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top