Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumbar Dipercaya Jadi Tuan Rumah Festival Adat dan Budaya Nusantara 2024

FABN 3 akan diikuti oleh 25 hingga 50 raja atau sultan dari berbagai wilayah di Nusantara, serta tamu undangan dari Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand.
Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy
Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy

Bisnis.com, PADANG - Perhelatan Festival Adat dan Budaya Nusantara (FABN) 3 akan dilangsungkan di Kota Padang, Sumatra Barat, pada 4-7 September 2024. 

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan kegiatan FABN 3 itu akan diikuti oleh 25 hingga 50 raja atau sultan dari berbagai wilayah di Nusantara, serta tamu undangan dari Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand.

"Untung yang siapa saja yang akan datang itu telah dikonfirmasi oleh perwakilan dari Organisasi Matra selaku panitia utama dalam helat FABN. Kami tentu akan menyambut tamu dan siap mensukseskan kegiatan FABN di Padang ini," katanya, Kamis (29/8/2024). 

Wagub menjelaskan diperkirakan ada ratusan peserta lainnya juga yang merupakan dari berbagai daerah di Sumbar. Karena ada berbagai rangkaian kegiatan yang akan dilangsungkan pada FABN 3 tersebut. 

Dimana kegiatan itu akan ada orasi dan diskusi kebudayaan bersama Fadli Zon, Jamuan Makan Bajamba bersama Wali Kota Padang di Youth Center Padang, hingga Acara Puncak FABN 3 di Auditorium Istana Gubernur Sumbar pada Jumat malam tanggal 6 September 2024. 

Kemudian matra sendiri selaku penyelenggara kegiatan merupakan salah satu organisasi adat dan budaya tingkat regional, dan para anggotanya terdiri dari kerajaan, kesultanan, lembaga adat, akademisi, budayawan, seniman, masyarakat umum, dan sebagainya.

"Matra hadir sebagai pilar perekat adat dan budaya Nusantara yang terdiri dari berbagai ragam suku dan budaya," sebut Audy. 

Dalam membangun dan melestarikan adat dan kebudayaan, Matra dalam kegiatannya pun merangkul para pemangku adat, raja-raja Nusantara, para sultan, dan pemerhati serta pelaku budaya di Nusantara, untuk saling bahu membahu bersama pemerintah dalam pelestarian adat dan budaya. 

Untuk diketahui, sebelumnya FABN 1 Jawa Tengah dan FABN 2 Bali berjalan lancar dan sukses. Kini di FABN 3 yang akan berlangsung di Padang juga diharapkan berlangsung meriah dan dapat memberikan dampak kepada Padang maupun Sumbar secara umum. 

"Kami tentu bersyukur Sumbar, khususnya Kota Padang, tahun ini dapat menjadi tuan rumah FABN 3. Tentu harapan kami acara ini bisa meriah, sukses, dan memberikan kesan mendalam bagi para tamu yang hadir dari seluruh penjuru Nusantara dan dari negara tetangga," harap Audy.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper