Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KKKS Berkumpul di Batam, Cari Solusi Atasi Tantangan Produksi Migas

Saat pre-event SCM Summit 2024 di Surabaya, SKK Migas memperkenalkan inovasi teknologi baru, yakni Sistem Pemetaan Kolaboratif Tata Ruang Hulu Migas (SPEKTRUM).
IOG SCM & NCB Summit 2024
IOG SCM & NCB Summit 2024

Bisnis.com, BATAM - SKK Migas mengajak para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan pemangku kepentingan untuk berkumpul di Batam dalam acara Pre Indonesia Upstream Oil & Gas Supply Chain Management & National Capacity Building Summit 2024 (IOG SCM & NCB Summit 2024), 3-4 Juli 2024.

IOG SCM & NCB Summit 2024 akan membahas terkait solusi atas berbagai tantangan dalam mencapai target produksi migas.

"Kami terus berupaya untuk menghilangkan hambatan yang dihadapi KKKS dalam rangka peningkatan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi migas," kata Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas Rudi Satwiko dalam keterangan pers resmi, Selasa (2/7/2024).

Menurut Rudi, SKK Migas terus memantau kegiatan pengeboran yang sudah disepakati bersama KKKS. Ia juga menyebut untuk menjaga kelancaran program kerja pengeboran, faktor-faktor seperti ketersediaan komoditas pipa Oil Country Tubular Goods (OCTG) yang digunakan dalam eksplorasi dan produksi migas perlu diperhatikan.

"Kami bersama para pemangku kepentingan industri hulu migas akan bekerja sama merumuskan langkah strategis dalam mendukung pertumbuhan industri hulu migas nasional. Sebagaimana event sebelumnya di Surabaya, kami akan melanjutkan pembahasan terobosan teknologi hulu migas guna menyelesaikan permasalahan kompleks dalam aktivitas dan operasional hulu migas," papar Rudi.

Saat pre-event SCM Summit 2024 di Surabaya, SKK Migas memperkenalkan inovasi teknologi baru, yakni Sistem Pemetaan Kolaboratif Tata Ruang Hulu Migas (SPEKTRUM). Sistem pemetaan kolaboratif ini menyelaraskan peta sinkronisasi dan harmonisasi dari berbagai bidang kerja, yang terintegrasi dengan peta OneMap ESDM dan Kebijakan Satu Peta Nasional.

"Terobosan atau inovasi semacam ini akan mendukung peningkatan produksi migas, sebagaimana rencana jangka panjang (Long Term Plan) SKK Migas," imbuhnya.

Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai, Eka Bhayu Setta menjelaskan bahwa kolaborasi dalam Supply Chain Management (SCM) akan melibatkan berbagai sinkronisasi proses dan pengembangan strategi bersama seperti penggunaan teknologi informasi, serta kerja sama strategis yang bersifat jangka panjang.

"Untuk memperluas kolaborasi ini, rencananya event Pre IOG SCM & NCB Summit di Batam juga akan dihadiri sejumlah kepala pemerintahan provinsi dan kepala daerah setingkat kabupaten/kota yang berada di wilayah kerja SKK Migas di Sumatera bagian utara (Sumbagut)," ungkapnya.

Pre IOG SCM & NCB Summit Batam 2024 akan diikuti oleh sejumlah pabrikan, penyedia barang dan jasa penunjang hulu migas, serta kelompok usaha kecil dan menengah binaan SKK Migas dan KKKS. Pada kegiatan ini akan ada kesempatan untuk para peserta melakukan konsultasi terkait CIVD, Kepabeanan, booth TKDN yang difasilitasi oleh Koordinator Kapasitas Nasional dan Jaminan Kualitas, serta booth CHSEMS yang fokus membantu para kontraktor dan mitra terkait pemenuhan kewajiban Health & Safety Management System.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi D Suryodipuro mengatakan Pre IOG SCM & NCB di Batam merupakan rangkaian kegiatan menuju SCM SUMMIT di Jakarta.

"Puncaknya kegiatan SCM SUMMIT ini nanti di Jakarta, pada bulan Agustus, setelah di bulan Juni 2024 lalu sebelumnya sukses digelar di Surabaya, " kata Hudi.(K65)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper