Targetkan Partisipasi Pemilih 70%, TPS di Padang Dilombakan

Adanya Lomba TPS ini, petugas bisa bekerja lebih maksimal lagi, seperti mengajak masyarakat untuk datang ke TPS, menyiapkan atau mendesain TPS semenarik mungkin
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat, melalui Kecamatan Nanggalo menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilu 14 Februari 2024 di wilayah itu sebesar 70%.

Camat Nanggalo Rido Satria mengatakan untuk meningkatkan partisipasi pemilih itu pihaknya telah mengumumkan melakukan Lomba TPS, dimana terdapat sejumlah kriteria yang harus dipenuhi TPS untuk bisa mendapat penilaian yang baik.

"Di Nanggalo ini ada 186 TPS dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 43.000 yang tersebar di 6 kelurahan. Jadi kami menargetkan minimal partisipasi pemilih 70%," katanya, Selasa (13/2/2024).

Dia menyebutkan dengan adanya Lomba TPS ini, petugas di TPS bisa bekerja lebih maksimal lagi, seperti mengajak masyarakat untuk datang ke TPS, menyiapkan atau mendesain TPS semenarik mungkin, sehingga masyarakat datang dengan senang hati ke TPS.

Terdapat 6 kriteria yang bakal menjadi penilaian, mulai dari tentang kreativitas dekorasi TPS, persentase pemilih yang menggunakan hak suara, kemudahan akses TPS bagi penyandang disabilitas, keterlibatan wilayah TPS, serta keterwakilan warga RT sebagai petugas trantib TPS terdekat, selanjutnya soal koordinasi petugas TPS dengan pelaksanaan diatasnya.

"Kriteria ini pada intinya kami berharap bisa membuat masyarakat beramai-ramai mendatangi TPS sesuai formulir yang diterima," ujarnya.

Dia menjelaskan sistem lomba TPS ini, nantinya dari masing-masing kelurahan yang mengutus 2 TPS untuk di lomba di tingkat kecamatan. Sehingga terdapat 12 TPS yang akan diputuskan menjadi sang juara TPS.

"Jadi dari masing-masing kelurahan itu akan menyeleksi puluhan TPS dan mengerucut 2 TPS. Nah, totalnya dari 6 kelurahan itu akan ada 12 TPS yang dilombakan," jelasnya.

Menurutnya untuk pemenang TPS itu, nantinya akan mendapat hadiah berupa uang yang telah disiapkan. "Nilainya tidak banyak, tapi yang kami harapkan partisipasi pemilih di Nanggalo bisa lebih banyak, bahkan bisa lebih dari 70% itu," harap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper