Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Lintas Riau-Sumbar Putus Karena Longsor

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menyatakan bencana longsor telah terjadi di Jalan Lintas Sumatra Barat (Sumbar) - Riau.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menyatakan bencana longsor telah terjadi di Jalan Lintas Sumatra Barat (Sumbar) - Riau, tepatnya di Kelok 17 Koto Alam, Kabupaten Lima Puluh Kota, pada Senin (18/12/2023) sekitar pukul 06.30 WIB. 

Kepala BPBD Riau M. Edy Afrizal mengatakan akibat bencana longsor itu, jalan Riau-Sumbar putus dan tidak dapat diakses kendaraan sejak pagi.

"Iya, kami baru mendapat laporan jika terjadi bencana longsor di Jalan Lintas Sumbar-Riau tepatnya di Kelok 17 Koto Alam pada pagi tadi," ujarnya.

Dia menyebutkan bencana itu terjadi karena intensitas curah hujan di wilayah tersebut cukup tinggi dari malam harinya, sehingga mengakibatkan tebing dan bukit di tepi jalan Kelok 17 Jalan Lintas Sumbar-Riau longsor.

Akibat bencana ini akses jalan dari Kabupaten Lima Puluh Kota menuju arah Pangkalan terputus, dan menyebabkan akses jalan Sumbar menuju Riau dan sebaliknya tidak dapat dilewati.

Atas kejadian itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat Riau untuk lebih hati-hati dan waspada jika melakukan perjalanan ke Sumbar. 

"Untuk warga Riau kami imbau agar waspada jika melakukan aktivitas perjalanan arah Sumbar, karena kondisi cuaca curah hujan cukup tinggi, sehingga rentan terjadi longsor dan banjir dalam rangka liburan Nataru," ujarnya.

Pihaknya juga menyarankan jjka masyarakat yang melakukan perjalanan hendaknya untuk memantau perkembangan dan informasi cuaca dan bencana di instansi pemerintah, seperti BMKG dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper