Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sinergi Telkomsel Wujudkan Green Society dan Green Campus di FISIP Universitas Riau

Berikut sinergi Telkomsel dalam mewujudkan Green Society dan Green Campus di FISIP Universitas Riau.
Dekan FISIP Unri Meyzi Heriyanto (tengah) bersama perwakilan Telkomsel saat menerima tempat sampah secara simbolis, di depan T-Corner FISIP Unri. Istimewa
Dekan FISIP Unri Meyzi Heriyanto (tengah) bersama perwakilan Telkomsel saat menerima tempat sampah secara simbolis, di depan T-Corner FISIP Unri. Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU-- Suasana terik siang itu, tidak menyurutkan niat mahasiswa untuk berseluncur di dunia maya sambil duduk di bawah pohon rindang dekat T-Corner di kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau (Unri).

Lewat adanya T-Corner dari Telkomsel ini, mahasiswa mendapatkan layanan internet yang cepat dan andal, sehingga bisa memiliki akses lebih baik ke sumber daya digital, sumber informasi.

Kemudian mendukung pembelajaran daring yang dapat membantu mahasiswa dalam pengembangan akademik, serta juga membuka peluang untuk penelitian yang lebih inovatif dan berkelanjutan di lingkungan kampus.

Dekan FISIP Unri, Meyzi Heriyanto mengakui program Telkomsel tersebut sejalan dengan program Green Campus dengan visi Green Society yang dilaksanakan oleh FISIP Unri. Untuk mewujudkan hal itu, dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan. Salah satu mitra yang turut berkontribusi dalam pembangunan Green Campus ini adalah Telkomsel.

"Salah satu inisiatif yang dijalankan adalah pendirian "T Corner" di lingkungan kampus. Program ini bertujuan untuk menyediakan akses internet cepat yang dapat digunakan oleh mahasiswa di FISIP Unri. Akses broadband connectivity yang disediakan diharapkan akan membantu mahasiswa dalam mengakses sumber daya digital dan informasi yang mendukung proses pembelajaran mereka," ungkapnya Jumat (29/9/2023).

Kemudian selain menyediakan akses internet, Telkomsel juga membantu dalam aspek sarana prasarana di kampus tersebut. Salah satu contoh yang menarik adalah pemasangan tempat sampah, yang telah dimanfaatkan untuk edukasi terkait pemilahan sampah organik dan non-organik. Pengelolaan sampah ini menjadi salah satu fokus utama dalam program Green Campus.

Sebelum melakukan berbagai inisiatif ini, FISIP Unri telah menjalin perjanjian kerjasama dengan Telkomsel. Kerjasama ini bertujuan untuk menjadikan kampus sebagai wadah bagi masyarakat yang peduli terhadap lingkungan. Proses dimulai dari perencanaan tata ruang kawasan kampus hingga asesmen bangunan. Dalam proses ini, data dan pengaturan ruang terbuka hijau juga telah didiskusikan dengan Telkomsel.

Kemitraan ini juga mencakup pembangunan taman dan penghijauan, yang berkaitan dengan upaya menjaga kualitas udara. Telkomsel diundang untuk berkontribusi dalam membangun taman, yang diharapkan akan memberikan manfaat besar bagi lingkungan kampus.

Selain upaya penghijauan, kampus juga berencana mengimplementasikan penggunaan energi hijau dengan mempertimbangkan instalasi panel surya dan penggunaan kendaraan listrik. Langkah-langkah ini diyakini akan berkontribusi pada upaya menciptakan lingkungan kampus yang lebih berkelanjutan kedepannya.

Meyzi menyebutkan program Green Campus ini juga bertujuan untuk mendorong jiwa kewirausahaan mahasiswa dengan melibatkan praktisi sebagai pengajar, dimana dengan adanya kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk Telkomsel, adalah kunci dalam mewujudkan program ini.

"Sebagai salah satu upaya mengenalkan program Green Campus kepada masyarakat, khususnya generasi Z yang akrab dengan dunia digital, FISIP Unri juga nantinya akan melakukan kampanye di sekolah-sekolah," ujarnya.

Program Green Campus

Dia mengakui program kerjasama ini telah berlangsung selama lebih dari lima tahun dan terus diperbarui oleh Telkomsel. Selama waktu ini, berbagai inisiatif telah diimplementasikan, seperti penambahan titik T-Corner dengan wifi gratis bagi publik, dan penyediaan sarana tempat sampah tersebut. Dalam waktu dekat, masih ada banyak tambahan lain yang diharapkan dapat direalisasikan dalam kerjasama ini.

Program Green Campus merupakan contoh kolaborasi yang berhasil antara dunia pendidikan dan perusahaan dalam upaya menjaga lingkungan dan mendukung pendidikan yang berkualitas. Semua pihak berharap bahwa kerjasama ini akan terus berkembang dan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi lingkungan dan masyarakat.

Manager Mobile Consumer Telkomsel Branch Pekanbaru Andri Sulaeman menyebutkan Telkomsel memiliki visi yang sama dalam menyikapi pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk menciptakan Green Campus yang sehat dan berkelanjutan. 

"Oleh karena itu, sebagai bagian dari komitmen Telkomsel untuk mendukung program green campus FISIP Unri, Telkomsel telah menyediakan infrastruktur tempat sampah di lingkungan kampus yang bertujuan untuk memfasilitasi pemilahan sampah yang efektif, mengurangi dampak negatif limbah, dan mempromosikan kesadaran lingkungan di antara mahasiswa, staf, dan pengunjung kampus," ujarnya.

Dengan menyediakan infrastruktur tempat sampah di lingkungan kampus, harapannya dapat mendorong seluruh civitas dan komunitas di FISIP Unri untuk menggunakan fasilitas ini dengan bijak dan membudayakan perilaku yang peduli terhadap lingkungan di wilayah kampus

Pihaknya meyakini dengan upaya bersama antara Telkomsel, FISIP Unri, dan komunitas kampus, dapat tercipta lingkungan belajar yang lebih hijau, berkelanjutan, dan berdampak positif bagi semua pihak.

Sebelumnya Telkomsel telah menjalin kolaborasi yang erat dengan FISIP Unri dalam upaya mengintegrasikan teknologi dan solusi berkelanjutan dalam lingkungan kampus. Kolaborasi ini bertujuan untuk memajukan pendidikan, memfasilitasi inovasi, dan memberikan dampak positif bagi mahasiswa, staf, dan lingkungan kampus secara keseluruhan, terutama melalui penyediaan akses internet yang andal.

Dengan kolaborasi antara sektor swasta, lembaga pendidikan, dan pemerintah dapat menghasilkan solusi yang lebih efektif dalam mengatasi isu-isu lingkungan, serta membuka peluang kolaborasi bersama untuk dapat menciptakan inisiatif yang bermanfaat bagi komunitas akademik dan lingkungan sekitar yang sesuai dengan tujuan dan visi seluruh stakeholder.

Menurutnya Telkomsel memiliki tekad yang kuat untuk terus membuka semua peluang kolaborasi dalam mendukung program-program keberlanjutan, tidak hanya di Unri tetapi juga di kampus-kampus lainnya. Pihaknya percaya bahwa melalui kerjasama dan kolaborasi yang berkelanjutan, dapat tercapai dampak positif yang signifikan terhadap bisnis maupun hubungan perusahaan dengan berbagai pihak.

Dia mengakui dukungan seluruh stakeholder memegang peranan penting dalam menentukan kesuksesan implementasi program-progam kolaborasi antara Telkomsel dengan Unri.

"Dukungan yang diharapkan demi kesuksesan tersebut diantaranya dapat secara aktif berpartisipasi dalam seluruh campaign atau program-program kolaborasi antara Telkomsel dan Unri, menjadi agen perubahan dalam meyebarluaskan ajakan untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan, dan harapannya seluruh civitas UNRI dapat menjadi keluarga besar Telkomsel dengan terus setia menggunakan produk dan layanan Telkomsel," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler