Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Strategi Riau Dongkrak Kunjungan Tamu Luar Negeri

Pemprov Riau mengakui ada banyak strategi yang telah dijalankan pemda untuk meningkatkan kunjungan tamu wisatawan mancanegara ke daerah itu.
Gubernur Riau Syamsuar
Gubernur Riau Syamsuar

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemprov Riau mengakui ada banyak strategi yang telah dijalankan pemda untuk meningkatkan kunjungan tamu wisatawan mancanegara ke daerah itu.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan sudah ada berbagai event wisata yang sukses mengundang para wisman diantaranya Pacu Jalur, Bakar Tongkang, Gelombang Bono, dan lainnya.

"Adanya event tersebut telah memberikan dampak positif bagi industri pariwisata di Riau termasuk meningkatjan wisman. Laporan kunjungan wisatawan mancanegara 2022 menunjukkan angka sebanyak 322.963 orang, yang ternyata jauh melebihi target sebelumnya hanya 63.379 orang. Hal ini menandakan Riau telah berhasil menarik minat wisatawan dari berbagai negara," ujarnya, Kamis (3/8/2023).

Kemudian untuk kunjungan wisatawan domestik juga mencatatkan angka yang mengesankan. Pada 2022, tercatat lebih dari 8,5 juta pengunjung ke Riau, jumlah yang bahkan melebihi jumlah penduduknya yang mencapai 6,6 juta jiwa. Keberhasilan ini menunjukkan Riau menjadi tujuan favorit bagi wisatawan dalam negeri.

Menyikapi prestasi ini, Syamsuar berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor pariwisata Riau, khususnya di bidang wisata desa. Dia percaya wisata desa memiliki potensi besar dan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.

"Untuk meningkatkan pariwisata di Riau, kami terus mengembangkan wisata desa sebagai salah satu fokus utama. Kami yakin, potensi wisata desa yang memiliki keindahan alam dan budaya lokal akan semakin menarik perhatian wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara," ujarnya.

Syamsuar menilai, pengembangan wisata desa tidak hanya memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat, tetapi juga dapat melestarikan kearifan lokal dan budaya daerah.

Dia berharap, dengan adanya perhatian khusus pada wisata desa, masyarakat akan semakin terlibat dalam memajukan sektor pariwisata dan meningkatkan kualitas layanan bagi wisatawan.

Dia juga mengajak masyarakat Riau untuk bersama-sama menjaga keindahan alam dan kekayaan budaya daerah agar tetap menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Dengan sinergi antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan pariwisata Riau terus berkembang dan semakin mendunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler