Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kirab Pemilu 2024, KPU Dumai Gelar Sosialisasi ke Berbagai Segmen Pemilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai menjadi salah satu lokasi Kirab Pemilu 2024 di Provinsi Riau.
Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir. /Istimewa
Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir. /Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai menjadi salah satu lokasi Kirab Pemilu 2024 di Provinsi Riau. Ada sejumlah agenda yang disiapkan penyelenggara pemilu tersebut sebagai persiapan menjelang pesta demokrasi tahun depan.

Ketua KPU Dumai Darwis menyampaikan beberapa program kegiatan yang akan dilaksanakan KPU Kota Dumai selama 7 hari ke depan.

“Selama 7 hari estafet Kirab Pemilu di Kota Dumai, KPU Kota Dumai akan melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih kepada masyarakat setempat dengan berbagai metode dan segmen pemilih," ujarnya, Senin (22/5/2023).

Dia menguraikan sejumlah agenda sosialisasi itu diantaranya sosialisasi kepada pemilih pemula, sosialisasi kepada tokoh masyarakat, sosialisasi kepada pemilih muda, sosialisasi kepada pemilih perempuan dan difabel, serta pawai kepemiluan mengelilingi Kota Dumai.

Agenda Kirab Pemilu 2024 telah dimulai dari 7 provinsi sebagai titik awal, dan melewati sebanyak 306 kabupaten kota di Indonesia. Setelah bermula dari Aceh, dan Sumatra Utara, kini giliran provinsi Riau yang mendapatkan giliran.

Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir menjelaskan estafet kirab ini diterima dari KPU Kabupaten Labuhan Batu Provinsi Sumatra Utara. 

"Proses serah terima dimulai dari serah terima patroli pengawal (Patwal) di perbatasan Provinsi Riau dengan Sumatra Utara di daerah Cikampak," ungkapnya.

Kemudian dari Cikampak, Patwal dari Polda Riau mengawal rombongan kirab menuju Kota Dumai untuk dilaksanakan ceremoni serah terima dengan KPU Kota Dumai.

Seremoni serah terima estafet kirab di Kota Dumai dihadiri oleh Perwakilan Forkopimda Provinsi Riau, Forkopimda Kota Dumai, KPU Provinsi Riau, KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, Camat dan Lurah se-Kota Dumai, Perwakilan Partai Politik, LSM, Tokoh Masyarakat, serta PPK dan PPS se-Kota Dumai, yang berjumlah sekitar 1.000 orang.

Serah terima estafet Kirab Pemilu 2024 ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih, Bendera Pataka KPU dan Bendera 18 Partai Politik peserta Pemilu 2024 dari Ketua KPU Kabupaten Labuhan Batu kepada KPU Kota Dumai. Ketua KPU Kota Dumai Darwis juga membacakan Deklarasi Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper