Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Natal, Penumpang Bus Tao Toba Indah Turun 30 Persen

Nataru kali ini tampaknya berbeda bagi penyedia armada angkutan bus dibandingkan dengan tahun 2021. Pasalnya, jumlah penumpang mengalami penurunan hingga 30%.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, MEDAN - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini tampaknya berbeda bagi penyedia armada angkutan bus dibandingkan dengan tahun 2021. Pasalnya, jumlah penumpang mengalami penurunan hingga 30 persen.

Seperti Angkutan Tao Toba Indah misalnya. Sejak tanggal 23-25 Desember 2022, jumlah penumpang yang telah membeli tiket hanya berjumlah 200 orang. Hal itu disampaikan oleh Mandor Angkutan Tao Toba Indah H. Situmorang kepada Bisnis, Senin (26/12).

"Lebih banyak tahun yang lalu. Ada 300 orang, untuk natal," ujarnya.

Pada tanggal 24 Desember, Situmorang mengatakan angkutan jenis mini bus yang berisikan hingga 11 orang yang diberangkatkan berjumlah 12, sedangkan pada tanggal 24 Desember armada yang diberangkatkan berjumlah 20.

"Tanggal 28, 29 (Desember) udah penuh kalau tahun lalu, Makanya kita bingung," sambungnya.

Sepanjang libur Natal, daerah tujuan yang paling banyak diminati oleh penumpang Tao Toba Indah, adalah Dolok Sanggul, Kecamatan Humbang Hasundutan, dan Peranginan, Kecamatan Aceh Tenggara.

Tak jauh berbeda, PT Antar Lintas Sumatera (ALS) juga mengalami penurunan jumlah penumpang pada tahun ini. Pengelola PO PT ALS Alwi Matondang mengatakan penurunan jumlah penumpang dibandingkan dengan tahun sebelumnya mencapai 30 persen.

"Sampai hari ini sekitar 1800 orang, dari 19 sampai 23 Desember. Kalau tahun lalu itu biasanya kami sudah mencapai 2500-an," kata Alwi.

Perkiraan tersebut, sambung Alwi, merupakan perhitungan data pembelian yang telah diberangkatkan dan yang masih dalam masa booking sampai dengan tanggal 27 Desember saja. Dan pada tanggal 28 Desember, jumlah penumpang sudah akan kembali normal.

Berdasarkan data ALS, penumpang yang mendominasi kedatangan di libur Nataru merupakan yang berasal dari Jakarta menuju Sumatera Utara. Sedangkan untuk keberangkatan, tujuan Sumatera Barat masih menjadi destinasi yang paling banyak diminati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ade Nurhaliza
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper