Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Harga Bahan Pokok di Tanah Datar Jelang Nataru, Begini Pantauannya

Ketersediaan bahan pokok perlu dipastikan jelang liburan Nataru, karena diperkirakan akan terjadi peningkatan permintaan di pasar.
Muhammad Noli Hendra
Muhammad Noli Hendra - Bisnis.com 08 Desember 2022  |  20:22 WIB
Harga Bahan Pokok di Tanah Datar Jelang Nataru, Begini Pantauannya
Ilustrasi pasar tradisional. - Bisnis
Bagikan
Bisnis.com, BATUSANGKAR — Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, melakukan pengecekan harga bahan pokok di pasaran untuk mengantisipasi kenaikan harga menjelang Natal dan Akhir Tahun (Nataru) 2022.
Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan ketersediaan bahan pokok perlu dipastikan jelang liburan Nataru, karena diperkirakan akan terjadi peningkatan permintaan di pasar. Bila terjadi minimnya stok yang ada, dampaknya bakal terjadi kenaikan harga bahan pokok di pasar.
"Di Tanah Datar sampai saat ini kondisi bahan pokok di sejumlah pasar masih relatif normal harganya. Semoga kondisi ini terus terjadi hingga berakhirnya tahun, sehingga inflasi pun bisa terkendali," kata Eka, Kamis (8/12/2022).
Bupati menyebutkan selain telah turun langsung ke pasar, dia juga melakukan peninjauan langsung ke gudang Kurnia Baru yang merupakan supplier terbesar di Batusangkar. 
Dari hasil pantauan, saat ini ada beberapa harga bahan pokok yang naik seperti beras, dan telur. Sementara harga cabai dan beberapa lainnya cenderung turun harga. Namun kondisi itu disebut masih relatif normal.
" Jadi sebenarnya harga bahan pokok cukup stabil, malah ada beberapa yang cenderung turun seperti bawang dan juga cabai," ujarnya.
Eka menyampaikan hal yang menarik soal harga bahan pokok itu, untuk jengkol saat ini harganya terbilang cukup tinggi. Jengkol Itu kebanyakan dari berbagai daerah seperti Aceh dan juga Lampung. 
"Jengkol saat ini harganya mencapai Rp800 ribu per karung, selain jengkol beberapa harga bahan pokok lainnya juga naik seperti beras dan ayam potong," jelasnya.
Sementara, terkait stok bahan pokok, Bupati Eka mengatakan bahwa di Tanah Datar relatif aman setidaknya sampai pada libur Nataru 2022 ini
"Kita datang langsung ke gudang Kurnia Baru yang merupakan pemasok terbesar di Batusangkar, dan alhamdulillah menurut keterangan pihak Kurnia Baru stok aman sampai akhir tahun. Begitu juga beras, menurut pihak Bulog saat ini stok di gudang juga cukup," tegasnya. 
Sementara itu, Asisten Manajer Bisnis Bulog Tanah Datar, Irham, juga mengatakan saat ini stok beras di gudang Bulog Tanah Datar cukup sampai akhir tahun 2022. 
"Stok beras di gudang Bulog Tanah Datar kami prioritaskan yang kualitas medium, sementara untuk stok beras komersial kami pusatkan di gudang Solok. Namun bila dibutuhkan sewaktu-waktu bisa kita minta," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bahan pokok sumbar
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top