Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Siap-siap, Ekonomi Riau Diprediksi Tumbuh 4-5 Persen Tahun Depan

Deputi Kepala BI Riau Maria Cahyaningtyas menjelaskan angka proyeksi tersebut dinilai akan tumbuh positif, seiring dengan perbaikan ekonomi nasional.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 30 November 2022  |  17:40 WIB
Siap-siap, Ekonomi Riau Diprediksi Tumbuh 4-5 Persen Tahun Depan
Deputi Kepala BI Riau Maria Cahyaningtyas (kiri) menyerahkan piagam penghargaan kepada Sekda Provinsi Riau, SF Hariyanto (kanan). BI Riau memproyeksikan ekonomi tahun depan akan tumbuh positif 4 persen plus minus 1 persen. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU -- Bank Indonesia Provinsi Riau memerkirakan pertumbuhan perekonomian daerah itu pada tahun depan akan berada di rentang 4 persen plus minus 1 persen.

Deputi Kepala BI Riau Maria Cahyaningtyas menjelaskan angka proyeksi tersebut dinilai akan tumbuh positif, seiring dengan perbaikan ekonomi nasional setelah pandemi. Proyeksi ini juga lebih tinggi dibandingkan realisasi pertumbuhan ekonomi Riau beberapa tahun terakhir.

"Untuk 2023 proyek ekonomi Riau berada di angka 4 persen plus minus 1 persen. Angka ini memang lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi tahun-tahun sebelumnya. Namun untuk realisasi saat ini sampai September 2022 atau triwulan ketiga, ekonomi Riau tumbuh 4,63 persen dan memang lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun lalu di angka 3,36 persen," ujarnya pada momen Pertemuan Tahunan BI Riau, Rabu (30/11/2022).

Dia merincikan keyakinan bank sentral tersebut berdasarkan laporan kinerja perekonomian secara keseluruhan, dimana PDRB Riau saat ini merupakan yang terbesar pertama secara nasional di luar Pulau Jawa, dimana Riau berkontribusi sebesar 5 persen terhadap PDB Indonesia.

Kemudian daya beli masyarakat mampu dijaga dengan baik dimana berhasil tumbuh sebesar 4,5 persen, serta yang paling besar pengaruhnya adalah pertumbuhan ekspor dengan kenaikan lebih dari 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari kinerja tersebut, minat investasi di Bumi Lancang Kuning juga tercatat mengalami peningkatan. Hingga triwulan ketiga tahun ini realisasinya sudah di angka Rp71 triliun lebih, atau lebih tinggi dari target sepanjang tahun yang senilai Rp60 triliun lebih.

"Dampaknya dengan investasi yang masuk ke Riau itu sudah membuka sekitar 12.000 lapangan kerja dan Riau merupakan daerah dengan investasi terbesar kelima secara nasional," ujarnya.

Selain itu tahun depan untuk perkiraan angka inflasi daerah di Riau, diperkirakan bakal berada di posisi 3 persen plus minus 1 persen. Menurutnya angka inflasi dapat terjaga dengan beragam upaya bersama yang dilakukan oleh bank sentral dan didukung pemda serta Forkopimda terkait.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto mengucapkan terimakasih atas sinergi dan kolaborasi Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau, sehingga pertumbuhan ekonomi Riau tumbuh 4,63 persen sampai triwulan ketiga tahun ini. 

Pencapaian pertumbuhan ekonomi Riau ini menurutnya didorong oleh kuatnya permintaan, baik domestik maupun luar negeri. Dengan meningkatnya permintaan tersebut turut mendorong tercapainya kinerja inverstasi di Bumi Lancang Kuning selama Januari- September 2022, mencapai 118,8 persen atau Rp71 triliun lebih.

Bahkan, Provinsi Riau menempati peringkat 5 nasional realisasi investasi tahun 2021, dan di Pulau Sumatra, Provinsi Riau menempati peringkat pertama. 

"Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Perwakilan BI Provinsi Riau, semoga kerjasama yang baik ini dapat terjaga dan dipertahankan kedepannya. Serta terimakasih juga atas sinergi dan kolaborasi yang selama ini dilakukan sebagai mitra strategis pemerintah daerah dalam mendukung tercapainya ekonomi Riau yang semakin kuat dan berkelanjutan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia riau
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top