Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

136 Mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia Ikut Program PPM di UIR

Koordinator PMM 2 UIR Ivan Taufiq menyampaikan UIR menjadi satu-satunya perguruan tinggi penerima mahasiswa program PPM di Provinsi Riau.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 19 September 2022  |  15:31 WIB
136 Mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia Ikut Program PPM di UIR
Universitas Islam Riau (UIR) menjadi kampus tujuan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PPM) periode ke-2 tahun 2022. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU -- Sebanyak 136 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia memilih Universitas Islam Riau (UIR) sebagai kampus tujuan mereka dalam mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PPM) periode ke-2 tahun 2022.

Koordinator PMM 2 UIR Ivan Taufiq menyampaikan UIR menjadi satu-satunya perguruan tinggi penerima mahasiswa program PPM di Provinsi Riau.

"136 mahasiswa yang memilih UIR sebagai perguruan tinggi tujuannya berasal dari dari berbagai sekolah tinggi serta universitas se-Indonesia, diantaranya Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Airlangga, STKIP Invada Cirebon, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Universitas Haluoleo Kendari, Universitas Udayana Bali, dan Universitas Yapis Papua," ujarnya dalam siaran pers, Senin (19/9/2022).

Dia memaparkan selama program PPM, mahasiswa tersebut akan belajar selama 1 semester, mulai dari 8 September 2022 hingga 20 Januari 2023 di perguruan tinggi di luar pulau kampus asal yang dipilih. Dimana dalam program ini mahasiswa diharapkan bisa belajar kebhinekaan lewat Modul Nusantara, mata kuliah, dan aktivitas terkait sepanjang masa pertukaran di kampus yang menjadi tujuan.

Program PPM tersebut di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, Dirjen Pendidikan Perguruan Tinggi (Dikti) dan Kementerian Keuangan melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Program tersebut merupakan salah satu perwujudan dari pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning) yang sangat esensial. 

Pembelajaran dalam program PPM memberikan tantangan dan kesempatan pada mahasiswa untuk mengembangankan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa untuk siap hadapi kemajuan zaman seperti perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, dimana kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih siap menghadapi kebutuhan zaman. Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi harapan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersebut. 

"Mahasiswa yang mengikuti program PMM 2 akan melaksanakan proses belajar serta setiap mata kuliah atau SKS yang diambil tetap dikonversikan selayaknya seperti berkuliah di perguruan tinggi asal mahasiswa," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau mahasiswa
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top