Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Dorong Pemulihan Sektor Transportasi

Upaya pemulihan sektor transportasi diklaim sudah menunjukkan hasil positif.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 18 September 2022  |  17:18 WIB
Kemenhub Dorong Pemulihan Sektor Transportasi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua dari kiri) didampingi Gubernur Sumsel Herman Deru memberikan keterangan pers usai upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional 2022 di Palembang. - Bisnis/Dinda Wulandari
Bagikan

Bisnis.com, PALEMBANG -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong sektor transportasi untuk bangkit lebih cepat setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Budi saat upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2022, di Benteng Kuto Besak, Kota Palembang, Sabtu (17/9/2022).

“Kita tidak akan bangkit lebih cepat kalau tidak bersama-sama,” ujar Budi.

Dia menjelaskan, sektor transportasi sangat terdampak oleh pandemi Covid-19. Namun saat ini, upaya pemulihan sektor transportasi sudah menunjukkan hasil positif.

Beberapa capaian positif hingga September 2022 ini tercermin dari catatan Badan Pusat Statistik (BPS), di mana sektor transportasi mampu tumbuh 21,27 persen pada kuartal kedua tahun 2022 dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,44 persen.

Selanjutnya, pengelolaan kembali ruang udara di atas Kepulauan Riau dan Natuna kepada NKRI menjadi suatu langkah maju atas pengakuan internasional terhadap ruang udara Indonesia.

“Pencapaian ini harus kita syukuri bahwa di tengah tantangan yang dihadapi, sektor transportasi dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi Indonesia,” katanya.

Menhub mengungkapkan ke depan masih ada sejumlah pekerjaan rumah di sektor transportasi yang harus dituntaskan, misalnya peningkatan konektivitas, keselamatan transportasi, dan integrasi antarmoda di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Upacara Peringatan Harhubnas yang biasanya di gelar di Ibu Kota Jakarta, pada tahun ini dilaksanakan di Kota Palembang.

Hal ini menjadi perwujudan paradigma pembangunan yang dilakukan tidak hanya berfokus di pulau Jawa (Jawa Sentris) tetapi Indonesia Sentris.

Selain itu, Kota Palembang dinilai menjadi contoh daerah di luar Jawa, yang telah memiliki angkutan massal yang lengkap dan terintegrasi antara LRT, BRT Trans Musi, angkot feeder dan angkutan lainnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru, mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah Kemenhub untuk menunjukkan arah pembangunan sektor transportasi yang tidak terpaku di Pulau Jawa.

Gubernur pun berharap pusat dapat segera mendukung realisasi pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat di Kabupaten Banyuasin.

"Semoga pembangunan Palembang New Port Tanjung Carat segera dimulai," kata Deru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Budi Karya Sumadi transportasi
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top