Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bus KPK Sambangi OKI, Tanamkan Nilai Antikorupsi Sejak Dini

Bus antikorupsi bagian dari upaya memberantas korupsi dengan cara membangun perilaku dan budaya antikorupsi melalui pendidikan dan pencegahan sejak dini. 
Bupati Kabupaten OKI Iskandar (kedua dari Kiri) saat menyambut kehadiran Bus Anti Korupsi KPK, Jumat (16/9)./Istimewa
Bupati Kabupaten OKI Iskandar (kedua dari Kiri) saat menyambut kehadiran Bus Anti Korupsi KPK, Jumat (16/9)./Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG — Road Show Bus Anti Korupsi KPK menyambangi Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, pada Jumat (16/9/2022).

Bus antikorupsi tersebut merupakan bagian dari upaya KPK dalam memberantas korupsi dengan cara membangun perilaku dan budaya antikorupsi melalui pendidikan antikorupsi, dan pencegahan korupsi sejak dini. 

Bupati OKI Iskandar merasa bangga daerahnya menjadi salah satu lokasi tujuan road show bus KPK yang tahun ini mengambil tema 'Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi'.

"Terimakasih kepada jajaran KPK RI yang telah menjadikan Kabupaten OKI sebagai salah satu tuan rumah Road Show Bus KPK tahun 2022" Ujar Iskandar.

Iskandar mengatakan upaya pencegahan korupsi merupakan kerja kolaboratif.

"Artinya tidak bisa dilakukan secara spasial, sendiri-sendiri namun perlu kerja bersama, kolaborasi seluruh elemen bangsa sesuai dengan kedudukan dan kapasitasnya masing-masing," katanya.

Iskandar juga mengapresiasi langkah-langkah KPK yang terus mengedepankan upaya pencegahan korupsi melalui perbaikan sistem serta pembangunan perilaku dan budaya antikorupsi.

Salah satu perbaikan sistem, yang diinisiasi KPK, yaitu Monitoring Center for Prevention (MCP) dengan delapan area intervensi.

"Capaian MCP Kabupaten OKI pada tahun 2021 lalu sebesar 78,40 persen di atas angka nasional 71 persen sementara hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) 2021 sebesar 75," terangnya.

Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardhiana menyebut Trisula pemberantasan korupsi yang dijalankan KPK.

"Yaitu melalui pendidikan untuk membangun nilai, Pencegahan dan langkah terakhir Penindakan," jelasnya.

Kehadiran Bus KPK di daerah menurut Wawan merupakan bentuk kehadiran KPK dalam pemberantasan korupsi.

"Bus ini membawa 9 nilai anti korupsi, yaitu jujur, tanggungjawab, disiplin, mandiri, kerja keras, sederhana, berani, peduli, dan adil. Nilai-nilai yang ditanamkan sejak dini" Papar Dia.

Wawan juga mengapresiasi capaian MCP Kabupaten yang berada di atas rata-rata nasional. 

"Artinya upaya upaya pencegahan sudah baik secara administrasi namun secara substansi harus terus dipertahankan," ujar dia.

Wawan juga mengapresiasi sambutan hangat masyarakat OKI atas kehadiran KPK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper