Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BSSN Perkuat Program Transformasi Digitalisasi PTPN V

Melalui kerjasama ini, Balai Sertifikasi Elektronik BSSN RI akan menerbitkan Sertifikat Elektronik yang akan digunakan pada sistem e-office dan sistem-sistem lainnya yang dikembangkan di PTPN V. Ia menuturkan penerapan Sertifikat Elektronik, merupakan hal yang penting karena dapat menjamin keamanan data dan keamanan Sistem Elektronik. 
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 10 Juni 2022  |  20:02 WIB
BSSN Perkuat Program Transformasi Digitalisasi PTPN V
SEVP Business Support PTPN V, Rurianto, (kemeja putih) bersama dengan Kepala Balai Sertifikasi Elektronik BSSN, Gerhard Tarigan dan Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN, Ferry Indrawan saat menandatangani perjanjian kerjasama secara digital. BSSN dan PTPN V melakukan kerjasama untuk memperkuat program transformasi digitalisasi di tubuh anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III Persero tersebut belum lama ini. - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU – Program transformasi digitalisasi yang berlangsung di PT Perkebunan Nusantara V selama tiga tahun terakhir kian diperkuat dengan adanya sinergi bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

Sinergitas tersebut ditandai dengan penandatanganan Kerjasama antara PTPN V dengan Balai Sertifikasi Elektronik BSSN oleh Senior Executive Vice President Business Support PTPN V Rurianto bersama Kepala Balai Sertifikasi Elektronik BSSN Jonathan Gerhard Tarigan di Kantor Direksi PTPN V, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. 

"Penerapan Sertifikat Elektronik ini merupakan bagian dari Implementasi Digitalisasi di PTPN V, terutama dalam peningkatan legalitas dan kepastian hukum atas dokumen elektronik yang dihasilkan oleh Aplikasi Digital yang dimiliki PTPN V," kata Ruri dalam siaran persnya Jumat (10/6/2022).

Melalui kerja sama ini, Balai Sertifikasi Elektronik BSSN RI akan menerbitkan Sertifikat Elektronik yang akan digunakan pada sistem e-office dan sistem-sistem lainnya yang dikembangkan di PTPN V. Ia menuturkan penerapan Sertifikat Elektronik, merupakan hal yang penting karena dapat menjamin keamanan data dan keamanan Sistem Elektronik. 

Selain itu, Ruri mengatakan jika sinergitas tersebut adalah bagian dari perhatian perusahaan dalam membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital secara nasional. 

"Semoga dengan di tandatangani Perjanjian Kerjasama ini nantinya akan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya baik kepada PTPN V maupun BSSN," jelasnya.

Kepala Biro Hukum & Komunikasi Publik BSSN, Ferry Idrawan, yang turut hadir dalam kegiatan itu mengatakan melalui kerjasama tersebut, BSSN berkomitmen menyediakan kebutuhan Sertifikat Eletronik melalui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE), yang merupakan salah satu dari Penyelenggara Sertifikasi Elektronik yang sudah diakui.

Sertifikat Elektronik yang diterbitkan oleh BSrE sudah dilengkapi dukungan aspek kriptografi yang kuat untuk menjamin Tanda Tangan Elektronik tidak mudah dipalsukan.

Ia juga menjelaskan, kerja sama yang dilakukan antara BSSN dan PTPN V ini merupakan salah satu bentuk sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan BUMN dalam menciptakan keamanan siber.

“Melalui penandatanganan perjanjian kerjasama ini, BSSN RI akan mendukung pelaksanaan penerbitan sertifikat elektronik, mendampingi penerapan dan sosialisasi, serta dukungan teknis dalam pemanfaatan sertifikat elektronik. Kerjasama yang dilakukan antara BSSN RI dan PTPN V ini merupakan salah satu bentuk sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan BUMN dalam menciptakan keamanan siber,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ptpn v
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top