Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sempat Berhenti, Singapore Airlines Kembali Beroperasi di Bandara Kualanamu

Pesawat Singapore Airlines tersebut membawa 161 penumpang, terdiri atas 134 warga negara Indonesia (WNI) dan 27 warga negara asing (WNA).
Nanda Fahriza Batubara
Nanda Fahriza Batubara - Bisnis.com 10 Mei 2022  |  19:29 WIB
Sempat Berhenti, Singapore Airlines Kembali Beroperasi di Bandara Kualanamu
Pesawat Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ 990 disambut dengan acara water salute saat tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Selasa (10/5/2022). Maskapai tersebut sempat berhenti beroperasi ke Sumatra Utara karena pandemi Covid-19. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN - Setelah sempat berhenti karena pandemi Covid-19 sejak September 2021 lalu, maskapai penerbangan Singapore Airlines kini telah kembali beroperasi ke Bandara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Selasa (10/5/2022).

Penerbangan perdana ini bernomor SQ 990. Pesawat Singapore Airlines tersebut membawa 161 penumpang, terdiri atas 134 warga negara Indonesia (WNI) dan 27 warga negara asing (WNA).

Momen kedatangan penumpang pesawat Singapore Airlines pada masa pandemi itu disambut secara hangat di Bandara Internasional Kualanamu.

Menurut Plt Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Kualanamu Eri Braliantoro, kembalinya Singapore Airlines akan memberi semangat baru.

Di samping itu, kehadiran maskapai tersebut diharap juga turut mendongkrak perekonomian daerah. Khususnya pada sektor pariwisata di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

"Dengan hadirnya kembali Singapore Airlines di Bandara Internasional Kualanamu menjadi warna dan semangat baru untuk pergerakan penumpang di Bandara Internasional Kualanamu serta memulihkan kembali aspek pariwisata domestik dan internasional," ujar Eri.

Eri mengatakan, seluruh penumpang pesawat Singapore Airlines telah menjalani prosedur sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 42 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Luar Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

Eri menjelaskan, setiap penumpang pesawat tersebut telah mengunduh dan melakukan registrasi pada aplikasi Pedulilindungi sebelum tiba di Bandara Internasional Kualanamu.

Menurutnya, semua penumpang dinyatakan negatif Covid-19. Suhu tubuh mereka juga dinyatakan normal.

Selain itu, para penumpang juga mengantongi surat hasil Real Time Polymerase Chain Reaction atau PCR dari negara asal maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan. Mereka pun telah melalui vaksinasi Covid-19 dosis kedua yang telah divalidasi oleh KKP Kelas 1 Medan.

Eri menjelaskan, acara seremoni penyambutan kedatangan Singapore Airlines melalui water salute tersebut digelar pihaknya sebagai bentuk penghormatan kepada seluruh penumpang dan kru pesawat.

"Kami berharap dengan beroperasinya kembali Singapore Airlines dapat memotivasi maskapai lain untuk membuka rute-rute internasional lainnya di Bandara Internasional Kualanamu," tutup Eri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singapore airlines bandara kualanamu
Editor : Ajijah
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top