Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ramai Pemudik, Hutama Karya Sempat Tutup Tol Pekanbaru-Bangkinang Selama 1 Jam

Branch Manajer HK Pekbang Indrayana menjelaskan sesuai hasil koordinasi antara operator tol dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan setempat, akhirnya tol Pekbang ditutup sementara sekitar 1 jam.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 03 Mei 2022  |  18:25 WIB
Arus lalu lintas di tol Pekanbaru-Bangkinang tampak mengalami kepadatan, Selasa (3/5/2022) akibat ramainya kendaraan di jalan nasional di luar tol ke arah Kota Bangkinang, Kampar.  - Istimewa
Arus lalu lintas di tol Pekanbaru-Bangkinang tampak mengalami kepadatan, Selasa (3/5/2022) akibat ramainya kendaraan di jalan nasional di luar tol ke arah Kota Bangkinang, Kampar. - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Hutama Karya sempat menutup jalan tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru-Padang, seksi Pekanbaru-Bangkinang (Pekbang) selama 1 jam, karena padatnya kendaraan yang keluar dari tol tersebut menuju Kota Bangkinang Kabupaten Kampar.

Branch Manajer HK Pekbang Indrayana menjelaskan sesuai hasil koordinasi antara operator tol dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan setempat, akhirnya tol Pekbang ditutup sementara sekitar 1 jam.

"Memang tadi tol Pekbang sempat kami tutup lebih kurang 1 jam, hasil koordinasi dengan kepolisian dan dishub setempat. Penyebabnya karena di jalan nasional setelah keluar tol kepadatan arus lalinnya sudah antre sampai masuk ke Kota Bangkinang," ujarnya, Selasa (3/5/2022).

Menurut data HK, total kendaraan yang melintas sampai penutupan tol Pekbang hari ini mencapai 12.214 kendaraan, atau merupakan angka tertinggi sejak tol sepanjang 31 km tersebut dibuka mulai 26 April 2022 lalu.

Sebelumnya Indrayana mengatakan hari ini menjadi puncak arus mudik dari Pekanbaru Riau ke arah Sumatra Barat melewati Bangkinang, Kabupaten Kampar.

"Hari ini 3 Mei 2022 total kendaraan yang keluar dari tol Pekbang sebanyak 12.214 kendaraan. Sepertinya hari ini puncak arus mudik dan tadi kendaraan padat merayap," ujarnya.

Pihaknya mencatat sejak dibuka fungsional pada 26 April 2022 lalu, tol Pekbang sudah dilewati oleh sebanyak 1.023 kendaraan pada hari pertama atau H-6 Lebaran 2022. Kemudian hari selanjutnya meningkat menjadi 1.733 kendaraan pada H-5.

Berturut-turut jumlah kendaraan melintas terus mengalami peningkatan yakni 2.265 kendaraan pada H-4, 3.055 kendaraan pada H-3, lalu 4.921 kendaraan di H-2, selanjutnya 3.985 kendaraan di H-1 dan 5.401 kendaraan di hari H Lebaran 2022.

Sebelumnya jalan tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru-Padang, seksi Pekanbaru-Bangkinang resmi dibuka secara fungsional untuk melayani arus mudik Lebaran tahun ini. Rencananya jalan bebas hambatan yang melewati Kabupaten Kampar itu dibuka sampai 10 Mei 2022 mendatang.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan dengan difungsikannya tol Pekanbaru-Bangkinang, akan memudahkan masyarakat Riau yang akan mudik khususnya dengan tujuan Sumatra Barat.

"Tol Pekanbaru-Bangkinang hari ini mulai dibuka fungsional sampai 10 Mei 2022, dengan dibukanya tol ini akan memudahkan masyarakat Riau yang mudik khususnya menuju Sumatra Barat dan juga tujuan lainnya. Kami bersama Kapolda dan Danrem siap mengamankan aktivitas mudik tahun ini," ujarnya Selasa (26/4/2022).

Dia merincikan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang akan dibuka fungsional mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB setiap hari. Khusus untuk mudik rute yang dibuka adalah satu arah Pekanbaru-Bangkinang, dan untuk arus balik rute yang dibuka dari arah Bangkinang-Pekanbaru dan hanya dibuka satu lajur saja.

Kemudian untuk batas kecepatan yang disarankan, karena tol ini masih dalam pengerjaan di sisi lainnya, pengendara diharapkan memacu kendaraan dengan maksimal laju kendaraan mencapai 60 km per jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

trans sumatra hutama karya
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top