Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semburan Lumpur Bercampur Gas di Sumut, 21 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Sebanyak 21 warga diduga keracunan akibat adanya semburan lumpur bercampur gas di area pengeboran panas bumi milik PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) di Sumatera Utara.
Garis polisi/Ilustrasi
Garis polisi/Ilustrasi

Bisnis.com, SUMATERA - Semburan lumpur panas terjadi di area pengeboran panas bumi milik PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) di Desa Sibanggor Julu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, Minggu (24/4/2022).

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @walhi.nasional, semburan gas disertai lumpur itu terlihat mebumbung tinggi hingga 30 meter.

Akibat kejadian itu, sebanyak 21 orang harus dilarikan ke rumah sakit. Sementara aliran lumpur panas mulai menggenangi sawah-sawah warga.

"Ancaman bencana pada operasi Geothermal bukan hal yang baru terjadi, berbagai kejadian ledakan dan semburan gas beracun berulang kali mengancam keselamatan hidup warga yang tinggal pada area sekitar Pembangkit Listrik Geothermal yang berjalan," tulis akun tersebut seperti dikutip Bisnis.

Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Pol Hadi Wahyudi membenarkan informasi tersebut.

Puluhan warga yang menjadi korban kebocoran sumur itu saat ini sudah dievakuasi ke rumah untuk mendapatkan perawatan medis.

Sedangkan untuk semburan lumpur, kata dia, saat ini sudah berhasil diatasi dengan cara ditutup agar tidak mengeluarkan gas beracun.

"Kita juga sudah menerbangkan dua tim dari Labfor dan Krimum Polda Sumut untuk cek TKP," terangnya dikutip dari Antara.

Terkait dengan penyebab kebocoran saat ini masih dalam tahap penyelidikan.

"Kita masih fokus dalam penanganan terhadap masyarakat yang menjadi korban. untuk kasusnya sendiri masih dalam penyelidikan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper