Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mitra Pemasok APP Sinar Mas di OKI Selenggarakan “Liga Fire” Bagi RPK

Kegiatan liga fire bagi Regu Pemadam Kebakaran (RPK) pada 24-28 Januari 2022 di Fire Base Sungai Baung.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 29 Januari 2022  |  18:33 WIB
Foto: dok. APP Sinarmas
Foto: dok. APP Sinarmas

Bisnis.com, SUMATRA - Perusahaan Hutan Tanaman Industri Mitra Pemasok APP Sinar Mas di Wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), PT Bumi Mekar Hijau (BMH), PT Bumi Andalas Permai (BAP) dan PT Sebangun Bumi Andalas Wood Industries (SBA WI) berkolaborasi menyelenggarakan liga fire bagi Regu Pemadam Kebakaran (RPK) pada 24-28 Januari 2022 di Fire Base Sungai Baung.

Fire Operation Management Head APP Sinar Mas Region OKI, Mares Prabadi menjelaskan laga yang digelar untuk ketiga kalinya ini merupakan ajang untuk uji coba kesiap siagaan, kemampuan, daya tahan fisik dan kerjasama personil RPK dalam menghadapi musim kemarau tahun 2022.

Sekitar 80 personil RPK yang terbagi dalam 16 tim berlagamengikuti berbagai pertandingan dalam liga fire ini untuk memperebutkan piala bergilir dan sejumlah hadiah lainnya, Mares melanjutkan, jenis pertandingan yang kami selenggarakan antara lain pertandingan halang rintang untuk membentuk kerjasama dan kekuatan tim, ada juga pertandingan menguji kemampuan akademis peserta dalam bidang kebakaran, pertandingan pemadaman kebakaran, pertandingan kecepatan pemetaan dan respon cepat ke lokasi kebakaran saat mendapat informasi kebakaran dari tim patroli, lari estafet dengan membawa beban dan menyelesaikan misi di tiap area, penilaian gudang RPK terbaik dan lomba senam selang kreatif beregu.

Selain liga fire, di musim penghujan seperti saat ini,  kami fokus untuk meningkatkan pembinaan kemampuan RPK, menjaga kondisi fisik agar tetap prima, pemeriksaan sarana dan prasarana pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) agar siap untuk digunakan saat  musim kemarau tiba,” Ujar Mares.

Pemenang Liga Fire

Setelah melalui berbagai perlombaaan dalam turnamen ini, RPK dari Distrik Simpang Heran PT BAP berhasil sebagai juara umum liga fire 2022. Mewakili tim pemenang, Robertus Sardin, merasa puas karena apa yang timnya usahakan membuahkan hasil sebagai juara umum.

Belajar dari kegagalan kami sebelumnya, dimana saat itu kami belum berhasil menjadi pemenang fire liga, hal tersebut memotivasi kami berusaha mempersiapkan lebih matang lagi, baik dari personil, sarana dan prasarana juga fisik, kami ubah semua strategi dan taktik yang kami gunakan,” Jelas Robertus.

Dari liga fire ini kami belajar bahwa apapun halangan dan rintangan dalam pekerjaan, jika kompak dan terus bekerjasama semua bisa dihadapi,” Kata Robertus.

Hadir dalam kegiatan penutupan tanggal 28 Januari 2022 sekaligus menyerahkan tropi juara umum liga fire 2022 Dandim 0402 OKI-OI, Letkol InfHendra Saputra. Ia mengapresiasikegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan mitra APP Sinar Mas di OKI ini.

Saya sangat bangga atas dilaksanakanannya kegiatan ini, tidak semua perusahaan melakukan persiapan seperti ini, karena dalam kondisi seperti saat inilah kita meningkatkan kemampuan dan mempersiapkan diri sebelum terjun ke lapangan,” Kata Hendra.

Hendra juga menyampaikan kepada RPK untuk terus menjaga kerjasama dan kekompakan tim, jika menghadapi sesuatu yang sulit di lapangan, jangan panik, tetap tenang, jangan saling menjatuhkan dan menyalahkan, apapun keputusan yang diambil adalah keputusan bersama, dan yang utama jaga keselamatan diri.

Dalam kesempatan ini Dandim O402 OKI – OI beserta rombongan juga melihat langsung persiapan-persiapan antisipasi karhutla yang dilakukan oleh perusahaan mitra APP Sinar Mas di OKI menjelang musim kemarau tahun ini.


“S
aya sudah memastikan bahwa perusahaan ini siap untuk mengantisipasi terjadinya karhutla, saya melihat semua yang dilakukan sudah ada semua, termasuk mulai dari monitor pemantauan, pelatihan dan menyiapkan personil yang akan mengantisapasi karhutla. Saya berharap agar perusahaan dan RPK terus memaksimalkan apa yang sudah dilatih kemudian juga mekanisme prosedur SOP yang ada,” ujar Hendra.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sinarmas
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top