Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Laju Inflasi Sumatra Utara Diprediksi Capai 2,40 Persen pada Tahun Ini

Menurut Kepala Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Sumatra Utara Soekorwardojo, tingkat inflasi provinsi tersebut berada di atas level nasional hingga September 2021.
Nanda Fahriza Batubara
Nanda Fahriza Batubara - Bisnis.com 26 Oktober 2021  |  15:08 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, MEDAN - Hingga September 2021, tingkat inflasi kumulatif Sumatra Utara berada di angka 0,83 persen. Sedangkan secara keseluruhan, laju inflasi di Sumatra Utara diprediksi mencapai 2,40 persen pada 2021.

Menurut Kepala Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Sumatra Utara Soekorwardojo, tingkat inflasi provinsi tersebut berada di atas level nasional hingga September 2021.

"Tapi kalau kita lihat tahunannya itu 2,40 persen, yang artinya kurang lebih nanti inflasi di tahun 2021 ya sekitar angka itu," kata Soekorwardojo, Selasa (26/10/2021).

Berdasar data Bank Indonesia, inflasi hingga September 2021 dipicu kenaikan harga sejumlah bahan pokok dan barang lain. Seperti aneka sayur, rokok kretek, daging ayam ras dan minyak goreng.

Untuk minyak goreng, pada Oktober 2021 ini, kenaikan harga diduga dipicu peningkatan harga minyak mentah atau Crude Palm Oil (CPO).

"Kita tahu harga CPO yang naik secara langsung ataupun tidak akan mendongkrak kenaikan harga minyak goreng atau harga minyak-minyak pangan di dalam negeri. Meskipun harganya dalam batas-batas yang dapat diterima," kata Soekorwardojo.

Secara umum, inflasi Sumatra Utara pada tahun ini diperkirakan akan meningkat dibandingkan 2020.

Kenaikan ini disulut membaiknya kondisi
perekonomian dan didorong oleh peningkatan mobilitas masyarakat, permintaan domestik, dan harga komoditas global.

Meski demikian, pemulihan diprakirakan relatif terbatas menyusul perkembangan Covid-19 serta penerapan PPKM pada Triwulan III yang menahan mobilitas masyarakat.

Dengan perkembangan tersebut, realisasi inflasi Sumut tahun 2021 diproyeksikan masih berada pada rentang sasaran nasional 3%±1%, dengan tendensi bias bawah.

"Untuk inflasi inti sendiri, dengan meningkatnya ekonomi, pasti lambat laun juga akan meningkat, meskipun diperkirakan sampai akhir tahun masih dalam batas sasaran," pungkas Soekorwardojo.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia sumut
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top