Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Ekspor Semen Padang Hingga September Lampaui Target

Group Head of Sales SIG Rahman Kurniawan mengatakan PT Semen Padang mendapat target ekspor semen pada tahun 2021 ini sebanyak 198.600 Metric Ton (MT).
Pabrik Semen Padang/SemenPadang.co.id
Pabrik Semen Padang/SemenPadang.co.id

Bisnis.com, PADANG - Realisasi ekspor Semen Padang (Semen Indonesia Group-SIG) hingga September 2021 telah melampaui target yakni mencapai 484 persen.

Group Head of Sales SIG Rahman Kurniawan mengatakan PT Semen Padang mendapat target ekspor semen pada tahun 2021 ini sebanyak 198.600 Metric Ton (MT). Nyatanya baru hingga akhir September saja, PT Semen Padang telah mengekspor produk semennya mencapai 377.811,94 MT.

"Jadi realisasi dari target yang SIG berikan PT Semen Padang telah mencapai 484 persen. Ini tentunya kabar baik, kita pun terus mendorong produk SIG terus memacu penjualan, baik dalam maupun luar negeri," katanya, dalam keterangan tertulis, Kamis (14/10/2021).

Dengan adanya kinerja yang bagus dari PT Semen Padang, Rahman menyatakan, untuk target ekspor semen oleh PT Semen Padang kedepannya akan ditingkatkan dari tahun 2021 ini.

"Masih ada waktu 3 bulan lagi di tahun 2021 ini. Kita akan lihat berapa jumlah semen yang diekspor ke PT Semen Padang hingga akhir tahun," ujarnya.

Dikatakannya PT Semen Padang tidak hanya mengekspor semen, tapi juga klinker. Sejauh ini jumlah klinker yang telah diekspor itu baru mencapai 1.132.972,31 MT. Sedangkan targetnya sebanyak 2,1 juta MT.

Artinya untuk klinker butuh kerja lebih keras untuk mencapai target ekspor di tahun 2021 ini, yang telah ditetapkan oleh BUMN SIG.

Sementara itu, Senior Manager of Export Sales SIG Fifit Abriyanto mengatakan tujuan ekspor semen dan klinker yang dilakukan oleh PT Semen Padang terdapat pada 4 negara.

"Tujuan ekspor nya itu untuk semen dan klinker ke Sri Lanka, Maldives, Australia dan Bangladesh," sebutnya.

Dimana untuk semen, diekspor ke Sri Lanka dengan jumlah semen sebanyak 297.000 MT, Maldives 64.000 MT dan Australia sebanyak 15.000 MT.

"Untuk tipe semennya, terdiri dari dua tipe, OPC (52.5N) dan OPC (42.5N). Untuk tipe OPC (52.5N), diekspor ke Australia. Sedangkan untuk tipe OPC (42.5N), diekspor ke Sri Lanka dan Maldives. Sedangkan untuk klinker, kami ekspor ke Bangladesh," ujar Fifit.

Menurutnya ekspor semen dan klinker oleh PT Semen Padang sudah lama dijalani, yaitu terhitung sejak tahun 2008 lalu.

Khusus negara Australia, telah dimulai sejak 2016 dan PT Semen Padang adalah perusahaan semen pertama yang berada di bawah holding SIG yang mengekspor semen ke Australia. (k56)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Noli Hendra
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper