Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Daging Sapi di Sumut Mulai Turun

Harga daging sapi tertinggi dijual seharga Rp150.000 per kg di Kabupaten Mandailing Natal. Sementara, harga terendah dijual seharga Rp120.000 di Kabupaten Labuhan Batu.
Ilustrasi./Bisnis-Endang Muchtar
Ilustrasi./Bisnis-Endang Muchtar

Bisnis.com, MEDAN - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Sumatra Utara (Sumut) mencatat harga daging sapi di Sumut perlahan turun.

Rata-rata harga daging sapi pada Rabu (16/6/2021) senilai Rp127.774 per kg. Dibandingkan Rabu (9/6/2021), harga tersebut menurun sekitar 0,9 persen dalam sepekan dari Rp128.955 per kg.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri PDN Disperindag Sumut Barita Sihite mengatakan penurunan harga ini terjadi karena permintaan daging yang menurun.

"Harga daging sapi perlahan menurun sejalan dengan permintaan yang menurun," jelas Barita, Rabu (16/6/2021).

Barita menjelaskan, untuk hari ini harga daging sapi tertinggi dijual seharga Rp150.000 per kg di Kabupaten Mandailing Natal. Sementara, harga terendah dijual seharga Rp120.000 di Kabupaten Labuhan Batu.

Harga kebutuhan pokok lainnya yang tercatat mengalami penurunan adalah telur ayam dan bawang merah. Rata-rata harga Masing-masing komoditas mengalami penurunan harga sebesar Rp606 dan Rp668 per kg dibandingkan dengan hari sebelumnya.

"Penurunan harga telur ayam dan bawang merah dikarenakan stok komoditi yang banyak di pasaran," imbuh Barita.

Sementara, dari 15 komoditas kebutuhan pokok yang didata Disperindag Sumit,terdapat lima komoditas yang mengalami kenaikan harga per hari ini, yaitu cabai merah, tepung terigu, beras kuku balam, beras jongkrong Ir64, dan cabai rawit hijau.

Kenaikan harga tertinggi terjadi pada komoditas cabai merah. Dibandingkan dengan hari sebelumnya pada Selasa (15/6/2021), harga cabai merah naik sebesar Rp429 atau naik 2,4 persen.

Barita mengklaim kenaikan harga cabai merah ini masih dalam kondisi stabil. Stok cabai merah di Sumut dipastikan aman dan mencukupi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper