Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BUMD Sumsel Ekspor Kelapa ke Thailand

Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan melibatkan BUMD, PT Sriwijaya Agro Industri, dalam peningkatan ekspor komoditas kelapa asal provinsi itu ke Thailand.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 08 Juni 2021  |  14:17 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan melibatkan BUMD PT Sriwijaya Agro Industri dalam peningkatan ekspor komoditas kelapa asal provinsi itu ke Thailand.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan keterlibatan BUMD sebagai perusahaan yang dapat memberikan stimulan kepada para petani dengan membuka peluang bisnis baru dari hilirisasi turunan dari buah kelapa tersebut.

"Walau usianya yang baru, PT SAI telah membuktikan perannya kepada pemerintah dalam menyerap hasil pertanian daerah dan mengekspornya,” kata Deru usai melepas ekspor perdana buah kelapa PT SAI baru-baru ini.

Berdasarkan catatan Dinas Perkebunan Sumatra Selatan (Sumsel), kebun kelapa di provinsi itu terhampar di lahan seluas 65.242 hektare dengan produksi mencapai 57.750 ton kopra.

Produksi kelapa asal Sumsel itu selama ini memang telah berorientasi ekspor dengan pasar utama adalah China dan Thailand. 

Sementara itu Direktur Utama PT SAI, Arkoni, menyampaikan bahwa kegiatan ekspor ini akan berlangsung berkelanjutan dan jumlah permintaan ekspornya tidak terbatas dari negara Thailand.

"Ini akan berjalan berkelanjutan, permintaan Thailand juga tidak terbatas menyesuaikan kemampuan ekspor yang kita miliki,” kata dia.

Untuk saat ini, Arkoni mengemukakan, kemampuan perusahaan hanya dapat mengirimkan lima kontainer. Pada tahap awal, PT SAI mengekspor sebanyak 135 ton kelapa ke Thailand.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top