Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BUMD Sumsel Ekspor Kelapa ke Thailand

Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan melibatkan BUMD, PT Sriwijaya Agro Industri, dalam peningkatan ekspor komoditas kelapa asal provinsi itu ke Thailand.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan melibatkan BUMD PT Sriwijaya Agro Industri dalam peningkatan ekspor komoditas kelapa asal provinsi itu ke Thailand.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan keterlibatan BUMD sebagai perusahaan yang dapat memberikan stimulan kepada para petani dengan membuka peluang bisnis baru dari hilirisasi turunan dari buah kelapa tersebut.

"Walau usianya yang baru, PT SAI telah membuktikan perannya kepada pemerintah dalam menyerap hasil pertanian daerah dan mengekspornya,” kata Deru usai melepas ekspor perdana buah kelapa PT SAI baru-baru ini.

Berdasarkan catatan Dinas Perkebunan Sumatra Selatan (Sumsel), kebun kelapa di provinsi itu terhampar di lahan seluas 65.242 hektare dengan produksi mencapai 57.750 ton kopra.

Produksi kelapa asal Sumsel itu selama ini memang telah berorientasi ekspor dengan pasar utama adalah China dan Thailand. 

Sementara itu Direktur Utama PT SAI, Arkoni, menyampaikan bahwa kegiatan ekspor ini akan berlangsung berkelanjutan dan jumlah permintaan ekspornya tidak terbatas dari negara Thailand.

"Ini akan berjalan berkelanjutan, permintaan Thailand juga tidak terbatas menyesuaikan kemampuan ekspor yang kita miliki,” kata dia.

Untuk saat ini, Arkoni mengemukakan, kemampuan perusahaan hanya dapat mengirimkan lima kontainer. Pada tahap awal, PT SAI mengekspor sebanyak 135 ton kelapa ke Thailand.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper