Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang Lebaran, Riau Sudah Salurkan Gaji Guru Honor Hampir Rp10 Miliar

Hingga pekan pertama Mei sudah ada enam pemda kabupaten dan kota yang mengajukan pencairan dana bantuan keuangan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 04 Mei 2021  |  16:10 WIB
Ilustrasi - Karyawan menghitung uang pecahan Rp.100.000 di salah satu bank. - Bisnis/Abdullah Azzam
Ilustrasi - Karyawan menghitung uang pecahan Rp.100.000 di salah satu bank. - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau telah menyalurkan bantuan keuangan bagi guru honorer daerah.

Bantuan tersebut disalurkan untuk guru honorer tingkat TK, SD dan SMP sederajat yang tersebar di Kabupaten dan Kota wilayah tersebut.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Riau Indra mengatakan hingga pekan pertama Mei sudah ada enam pemda kabupaten dan kota yang mengajukan pencairan. Dananya sudah ditransfer Pemprov Riau dengan jumlah mencapai Rp9,93 miliar.

"Enam daerah yang telah menerima bantuan keuangan guru honor di antaranya Kabupaten Rokan Hulu Rp2,28 miliar, Kabupaten Bengkalis Rp1,73 miliar, Kabupaten Pelalawan Rp1,14 miliar, Kota Pekanbaru Rp1,788 miliar, Kabupaten Indragiri Hulu Rp2,09 miliar, dan Kabupaten Rokan Hilir Rp630 juta," ujar Indra, Selasa (4/5/2021).

Sementara itu, enam pemerintah kabupaten/kota lainnya yang masih diproses dan belum mengajukan di antaranya Kota Dumai, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Meranti, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Siak.

Indra mengimbau kepada pemda Kabupaten Kota lainnya untuk segera menyerahkan persyaratan pencairan gaji guru honor daerah, melalui bankeu (bantuan keuangan) yang sudah disiapkan.

Dia menjelaskan aat ini baru enam daerah yang telah mengajukan. Enam daerah lainnya masih ada yang kurang persyaratannya dan saat ini sedang melengkapinya.

Ada juga pemda yang belum mengajukan persyaratan pencairan, diperkirakan saat ini mungkin diproses pemda tersebut.

Menurut data BPKAD Riau total guru bantu yang akan menerima honor sebanyak 3.933 guru. Masing-masing guru akan menerima Rp2 juta dan akan ditransfer melalui rekening kabupaten/kota. Daerah yang sudah menerima bankeu diminta segera menyalurkannya ke rekening guru penerima.

“Kami berharap pemda yang sudah menerima transfer bisa segera menyerahkannya kepada guru honor penerima. Sekarang jumlah guru yang sudah menerima transfer sesuai pengajuan kabupaten/kota sebanyak 1.656 guru bantu, dari total 3.933 guru bantu yang akan menerima,” kata Indra.

Total bankeu yang disiapkan Pemprov Riau tahun ini mencapai Rp94,39 miliar. Dengan perincian total 3.933 guru bantu akan menerima gaji atau bantuan keuangan Rp2 juta per bulannya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau guru honorer
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top