Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nasabah Pegadaian Syariah Kanwil Pekanbaru Bantu Pengelolaan Keuangan Pesantren

Pimpinan Wilayah Pegadaian Kanwil Pekanbaru Maryono mengatakan bantuan ini diberikan kepada lembaga yang membutuhkan seperti pesantren dan madrasah.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU -- PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah Pekanbaru membantu pengelolaan keuangan bagi pesantren melalui aplikasi Sistem Info Pembukuan Keuangan (SIPKu) kepada Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dan Pondok Pesantren yang ada di Pekanbaru serta di wilayah Padang, Sumatra Barat. Dana bantuan berasal dari himpunan dana oleh nasabah Pegadaian Syariah.

Pimpinan Wilayah Pegadaian Kanwil Pekanbaru Maryono mengatakan bantuan ini diberikan kepada lembaga yang membutuhkan seperti pesantren dan madrasah, khususnya yang dikelola oleh masyarakat ekonomi syariah Kota Pekanbaru dan Padang dalam bentuk aplikasi SIPKu.

"Dengan aplikasi ini, pendonor dapat memantau keuangan madrasah dan pesantren yang dituju, sehingga apa yang jadi harapan penyaluran bantuan pendonor dapat terlaksana dengan baik. Dana ini berasal dari himpunan atau penyisihan uang kelebihan nasabah Pegadaian Syariah. Jadi berarti memang dana ini dari umat untuk umat," ujarnya, Kamis (29/4/2021).

Menurutnya Pegadaian Kanwil Pekanbaru masih akan menyerahkan aplikasi SIPKu kepada 100 pondok Pesantren yang ada di Riau. Bahkan tak hanya di Riau, namun juga akan dilakukan di wilayah lain seperti Sumatra Barat dan juga Kepulauan Riau.

Sementara itu Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto mengatakan penyerahan bantuan kali ini berupa sistem aplikasi dimana pondok pesantren maupun madrasah ataupun entitas yang berafiliasi dengan MES dapat melakukan pembukuan secara digital.

Kemudian aplikasi tersebut dapat mengeluarkan bukti-bukti penerimaan uang seperti dokumen SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan), dokumen penerimaan infaq shodaqoh wakaf, dan serta dokumen penerimaan uang lainnya secara transparan.

"Dengan adanya aplikasi SIPKu ini akan ada rasa kenyamanan dan keamanan bagi pengelola Pondok Pesantren, Madrasah dan entitas bisnis karena sistem keuangan ini dapat dilihat secara transparan. Ini adalah inovasi yang sangat baik dan dapat direalisasikan di seluruh indonesia dengan bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper