Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

2.518 Warga Pekanbaru Mengganggur Selama Pandemi 2020

Pemkot Pekanbaru menyatakan sebanyak 2.119 orang mendapat pekerjaan di masa pandemi corona, sedangkan angka pengangguran tahun lalu mencapai 2.518 orang.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 27 April 2021  |  13:41 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemkot Pekanbaru menyatakan sebanyak 2.119 orang mendapat pekerjaan di masa pandemi corona, sedangkan angka pengangguran tahun lalu mencapai 2.518 orang.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkot Pekanbaru Masykur Tarmizi dalam Forum Group Discussion mengatakan tingkat pengangguran pada 2020 mencapai 8,55 persen dari jumlah angkatan kerja. Jumlah pencari kerja yang terdaftar di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) sebanyak 4.637 orang.

"Dari jumlah tersebut, 2.119 orang telah mendapatkan pekerjaan. Hal ini berarti masih terdapat 54 persen belum mendapatkan pekerjaan," ujarnya dalam siaran pers Selasa (27/4/2021).

Dia merincikan saat ini tenaga kerja lokal di Pekanbaru terdiri dari 93 persen tamatan SMA, 2 persen lulusan D3 atau akademi, dan 4,2 persen lulusan Strata Satu (S1). Hal ini menandakan bahwa serapan tenaga kerja lokal yang mengisi elemen-elemen kerja tertentu masih sangat minim.

"Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain, pertumbuhan angkatan kerja dengan kesempatan kerja yang tidak seimbang. Kemudian, tidak semua lowongan pekerjaan dapat diisi oleh pekerja lokal," ujarnya.

Faktor lainnya adalah informasi pasar kerja yang tidak diketahui oleh para pencari kerja. Di samping itu, kesiapan mental tenaga kerja lokal yang kurang dan mengakibatkan daya saing tenaga kerja lokal masih sangat rendah dibandingkan dengan dari luar Pekanbaru.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top