Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Musi Banyuasin Bentuk Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan Sektor Perkebunan

Kabupaten Musi Banyuasin akan menjadi proyek percontohan pembentukan Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan (RP3) di Indonesia pada sektor perkebunan.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 31 Maret 2021  |  20:44 WIB
Sri Kurniati, petani karet di Desa Cipta Praja, Kecamatan Keluang, Kabupaten Musi Banyuasin sedang menyadap karet di kebun seluas 0,5 hektare. JIBI -  Bisnis/Tim Jelajah.
Sri Kurniati, petani karet di Desa Cipta Praja, Kecamatan Keluang, Kabupaten Musi Banyuasin sedang menyadap karet di kebun seluas 0,5 hektare. JIBI - Bisnis/Tim Jelajah.

Bisnis.com, PALEMBANG -- Kabupaten Musi Banyuasin akan menjadi proyek percontohan pembentukan Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan (RP3) di Indonesia pada sektor perkebunan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Musi Banyuasin (Muba) Dewi Kartika mengatakan RP3 bertujuan untuk perlindungan dan pemenuhan hak bagi pekerja atau buruh dan pegawai perempuan.

“Melalui mekanisme dan serta koordinasi dalam penanganan masalah ketenagakerjaan, di tempat kerja,” katanya, Rabu (31/3/2021).

Menurut dia, proyek percontohan RP3 tersebut dibentuk di PT Hindoli, anak usaha Cargill, menjadi satu-satunya di Indonesia untuk sektor perkebunan. 

Sementara pada sektor lainnya pilot project RP3 yang dibentuk untuk sektor pertanian di Kabupaten Serdang Bergadai , Provinsi Sumatra Utara, sektor perikanan di Kota Bitung Sulawesi Utara, perbankan di Jakarta, dan sektor pariwisata dibentuk di Kota Denpasar, Bali.

“RP3 adalah kerja kolaborasi dari seluruh perangkat kerja dan perusahaan itu sendiri oleh karena itu, kami sudah membentuk tim interdis agar setelah peresmian akan terus berlanjut,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Pengembangan Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Yusuf Amilin mengatakan proyek percontohan RP3 sektor perkebunan akan diresmikan Menteri PPPA Lintang Puspayoga pada 12 April 2021.

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top